Construct2 Cover-16-9

Published on March 2nd, 2015 | by Aditia Dwiperdana

0

Tutorial top down shooter [7]: Power up Bagian 2

Ini adalah seri tutorial pembuatan game top down shooter bagian ke 7. Asset gambar bisa didapat di http://gedebuk.org/spaceshooter. Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya tentang variasi tembakan pemain. Pada artikel ini kita akan menambahkan objek power up untuk meningkatkan kekuatan tembakan pemain.

Menambahkan objek power up

Untuk power up kita akan menggunakan objek sprite bergambar petir yang ada di art pack. Karena menambahkan objek sprite sudah pernah dibahas, kali ini tidak akan dibahas. Yang perlu diperhatikan adalah arah hadap gambar, karena objek musuh mengarah ke bawah, objek power up nantinya akan muncul terbalik, kamu bisa membalik gambar pada sprite power up ini jika ingin gambarnya tetap tegak.

110 - power up

Memunculkan objek dalam permainan

Power up ini adalah cara untuk membantu pemain sekaligus untuk memberikan variasi untuk pemain. Biasanya power up muncul secara acak atau muncul setelah kita mengalahkan musuh tertentu. Kemunculan acak power up menggunakan konsep yang sama dengan memunculkan acak musuh seperti di beberapa artikel sebelumnya. Sedangkan memunculkan power up setelah mengalahkan musuh tertentu bisa kita lakukan dengan membuat suatu event dengan peluang tertentu, jadi power up tidak akan muncul dari semua musuh, tapi bisa kita atur peluang kemunculannya.

Untuk membuat aksi yang dijalankan berdasarkan peluang tertentu kita bisa menggunakan fungsi Random untuk menghasilkan suatu angka antara 0 sampai 99, lalu kita bandingkan dengan angka peluang kita. Misalnya kita ingin membuat peluang kemunculan power up adalah 30%, dengan kata lain kira-kira satu dari tiga musuh yang kita kalahkan akan menghasilkan power up, kita perlu membandingkan nilai dari fungsi random dengan angka 30.

  1. Tambahkan subevent pada event tabrakan musuh dan peluru (yang sudah kita buat di beberapa artikel sebelumnya), tekan S (atau klik kanan > add Subevent), System > Compare two values > isi nilai pertama dengan random(100), pilih opsi perbandingan ‘less than’, isi nilai dengan peluang yang kita inginkan, misalnya 30.
  2. Tambahkan aksi untuk memunculkan objek power up, tekan A (atau Add action) > pilih objek musuh > Spawn another object > pilih objek Power up dan layer yang sesuai.

Meningkatkan kekuatan pemain

Untuk meningkatkan kekuatan pemain, kita perlu ubah nilai PlayerPower dari artikel sebelumnya. Ini akan kita lakukan di saat pemain menabrak objek Power Up, dan jangan lupa untuk menghilangkan objek power up tersebut.

  1. Buat event baru, Add event > pilih objek Power Up > On collision with another object > pilih objek Pemain. Add action > System > Add to > pilih variabel PlayerPower > masukkan nilai 1.
  2. Tambahkan satu aksi lagi, Add action > pilih objek Musuh > Destroy.

Menghilangkan efek power up

Biasanya efek dari power up bisa hilang untuk memberi tantangan untuk pemain. Ada beberapa cara implementasi fitur ini, ada game yang membuat power up itu berdasarkan waktu atau amunisi, jadi power up hanya akan berlaku misalnya untuk 60 detik atau 100 kali tembakan. Ada juga yang membuat power up itu permanen, tapi jika permain mati atau menabrak musuh, kekuatannya berkurang lagi. Keuntungan cara kedua adalah memberi keuntungan untuk pemain yang bisa bermain dengan lebih hati-hati dengan tidak menabrak musuh.

  1. Tambahkan aksi di event tabrakan pemain dengan musuh, tekan A (atau Add action) > System > Substract from > pilih variabel PlayerPower dan masukan nilai 1.

110 - event akhir

 

Dengan ini kita sudah bisa memunculkan objek power up secara acak (dengan peluang tertentu) jika pemain mengalahkan pesawat musuh. Perlu diketahui peluang munculnya power up dalam game tidak akan sebesar 30%, kamu bisa atur nilai tersebut agar sesuai dengan tingkat kesulitan yang kamu harapkan.


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?





About the Author



Back to Top ↑