Construct2 109 - image points

Published on February 23rd, 2015 | by Aditia Dwiperdana

0

Tutorial top down shooter [6]: Power up Bagian 1

Ini adalah seri tutorial pembuatan game top down shooter bagian ke 6. Asset gambar bisa didapat di http://gedebuk.org/spaceshooter.

Seiring berjalannya permainan, tingkat kesulitan level yang kita buat harus terus meningkat agar pemain tetap tertantang. Namun ada kalanya pemain akan mengalami kesulitan dan perlu sedikit bantuan. Dalam permainan top down shooter, bantuan tersebut biasanya dalam bentuk power up, objek yang dapat ‘ditangkap’ oleh pemain yang akan meningkatkan kekuatan tembakan pemain. Pada bagian pertama ini kita akan membuat variasi tembakan pemain.

Menambah jenis tembakan pemain

Untuk membuat jenis tembakan lain kita akan perlu menambah jenis peluru dan image point pada objek pemain agar dapat digunakan sebagai spawn point bagi objek peluru nantinya. Kita juga perlu membuat sebuah variabel global untuk menyimpan status tembakan jenis apa yang dimiliki pemain. Kurang lebih logika jenis tembakan pemain adalah sebagai berikut:

  1. Kita cek status kekuatan pemain pada variabel playerPower, tergantung pada status tersebut kita akan menjalankkan aksi yang berbeda.
  2. Kita akan spawn jumlah peluru yang sesuai dengan status kekuatan pemain, dan peluru akan dimunculkan dari titik yang berbeda di pesawat pemain
  3. Sebagai variasi tambahan, kita bisa mengubah arah peluru agar peluru bisa lebih tersebar dan menutupi area yang lebih besar.

Menambah variasi peluru

  1. Kita perlu menambah beberapa frame pada objek peluru, pastikan properti animation speed pada animasi default objek peluru ini bernilai nol agar gambar peluru tidak berubah-ubah dengan sendirinya.
  2. Langkah menambah gambar sudah dibahas sebelumnya, sehingga tidak dibahas di sini. Sebagai referensi bisa lihat tutorial terkait di: http://gedebuk.org/67

Menambah image point pada pemain

  1. Saat menembak peluru, pemain bertindak sebagai spawn point untuk peluru, sehingga seperti artikel sebelumnya tentang level dan spawn point musuh, kita bisa membuat beberapa image point tambahan untuk memunculkan beberapa perluru secara bersamaan.
  2. Langkah-langkahnya kurang lebih sama dengan langkah pada artikel sebelumnya jadi tidak dibahas ulang di sini. Sebagai referensi silakan lihat di http://gedebuk.org/108
  3. Image point yang perlu kita buat untuk tutorial ini adalah di tengah dan ujung masing-masing sayap pemain

109 - image points

Mengubah event pemain menembak

  1. Klik kanan di event sheet dan pilih ‘add global variable’ > beri nama playerPower dan initial value 1.
  2. Pada event menembak (Keyboard “Z is down”), kita perlu tambahkan subevent untuk mengecek status kekuatan pemain. Pilih event tersebut lalu tekan S untuk membuat subevent baru > System > Compare two values > tulis playerPower dan nilai 1. Ini adalah kekuatan dasar pemain. Pindahkan aksi dari event sebelumnya ke subevent ini.
  3. Untuk setiap tingkat kekuatan tembakan kita perlu membuat subevent else seperti ini. Kita bisa copy paste dari event terakhir lalu mengubah nilai pada pengecekan playerPower.
  4. Untuk menampilkan peluru dengan warna lain, tepat setelah aksi membuat peluru, kita buat aksi mengubah frame animasinya. Add action > Peluru > Set animation frame > masukan frame yang diinginkan, misalnya 1.
  5. Untuk membuat peluru menyebar kita perlu membuat aksi untuk mengubah arah peluru. Add action > Peluru > Rotate clockwise > masukan nilai derajat putaran.
  6. Perlu diketahui kedua aksi diatas harus dipanggil tepat setelah pembuatan peluru agar peluru tersebut bisa diakses. Jika kita mencoba akses peluru tersebut di event lain, kemungkinan kita akan mengakses peluru yang berbeda.

109 - event menembak

Cobalah set nilai variabel playerPower dengan nilai yang kamu inginkan untuk melihat jenis tembakan yang baru kamu buat. Pada bagian selanjutnya kita akan menghubungkan pengaturan kekuatan tembakan dengan objek power up.

109 - power up shoots


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?





About the Author



Back to Top ↑