Construct2 108 - 06 hasil musuh pola

Published on February 16th, 2015 | by Aditia Dwiperdana

0

Tutorial top down shooter [5]: Level

Ini adalah seri tutorial pembuatan game top down shooter bagian ke 5. Asset gambar bisa didapat di http://gedebuk.org/spaceshooter. Setelah menambahkan interaksi antar objek, kita perlu membuat level yang menantang untuk pemain.

Dalam game top down shooter, tantangan atau tingkat kesulitan sebuah level akan ditentukan oleh susunan kemunculan musuh. Beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan adalah:

  1. Semakin banyak musuh dalam satu layar membuat level lebih sulit, tapi terlalu banyak musuh justru manjadi sasaran yang mudah untuk pemain.
  2. Semakin cepat pergerakan musuh akan menyulitkan pemain untuk menembak musuh tersebut. Tapi pergerakan musuh tersebut harus berpola agar pemain tetap dapat melewati musuh tersebut.
  3. Sebaiknya kita memberi beberapa area kosong tanpa musuh untuk memberi pemain untuk beristirahat atau menenangkan diri sebelum muncul gerombolan musuh berikutnya.

Ada dua cara memunculkan musuh yang akan kita gunakan:

  1. Memunculkan musuh di titik-titik kemunculan secara acak
  2. Memunculkan musuh di titik kemunculan dengan suatu pola tertentu

Titik kemunculan (spawn point)

Kita perlu membuat beberapa objek yang khusus kita buat untuk memunculkan musuh di tempat atau dengan pola yang tepat. Kita bisa gunakan objek sprite apa saja untuk spawn point.

  1. Klik kanan di tampilan Layout > Insert new object > Sprite. Beri nama SpawnPoint. Load gambar yang kamu inginkan atau gunakan tool seperti paint bucket di toolbar sebelah kiri untuk membuat titik muncul musuh.
  2. Sama seperti membuat peluru saat menembak, objek baru akan muncul di arah nol derajat objek asal, yaitu arah kanan gambar pada image editor. Jadi beri penanda di bagian ‘depan’ objek tersebut dan putar ke arah bawah di tampilan layout.
  3. Buat event baru di Event Sheet, Add event > System > Every x seconds. Lalu buat subevent (tekan S) > System > Pick nth instance. Tambahkan action untuk memunculkan object baru, Add action > SpawnPoint > Spawn another object > pilih objek Musuh yang ingin dimunculkan, biarkan nilai layer dan image point berisi nol.
  4. Event di atas akan menghasilkan musuh dari beberapa SpawnPoint dengan acak seperti pada gambar. Kekurangan teknik ini adalah setiap kali dijalankan, kemunculan musuh akan berbeda, sehingga permain tidak bisa ‘berlatih’ jika ternyata level ini sulit untuk dilewati, dan hanya bisa bergantung pada keberuntungan.

108 - 02 event acak

108 - 03  kemunculan acak

 

 

Pola kemunculan

Untuk memunculkan musuh dengan pola tertentu kita bisa menggunakan Image point. Buka objek spawn point  yang sudah kita buat, pada toolbar di sebelah kiri image editor ada pilihan ‘Set origin and image points’.

  1. Setiap objek akan meiliki satu image point yang digunakan sebagai penanda titik origin atau titik tengah objek.
  2. Pada pop up Image Points, klik tombol tambah untuk membuat image point baru, lalu klik di image editor di mana posisi image point baru ini. Kita perlu zoom out agar bisa memilih titik di luar gambar. Contohnya, akan dibuat 6 image point pada spawn point kedua.
    108 - 04 image point
  3. Kita perlu memunculkan 6 musuh secara bersamaan di masing-masing image point tadi. Untuk event ini kita tidak perlu memilih spawn point acak. Jadi kita langsung buat aksi pada event ‘Every 1 second’ yang sudah kita buat.
  4. Buat aksi baru, Add action > SpawnPoint2 > Spawn another object > pilih Musuh, lalu pilih image point yang diinginkan. Buat aksi ini sebanyak 6 kali, masing-masing dengan image point yang berbeda. Hasilnya musuh akan muncul beriringan sesuai pola yang kita buat.

108 - 05 event pola

108 - 06 hasil musuh pola

  Jika ada pertanyaan kirim ke contact (at) gedebuk.org!


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?





About the Author



Back to Top ↑