Construct2 Cover-16-9

Published on February 9th, 2015 | by Aditia Dwiperdana

0

Tutorial top down shooter [4]: Interaksi

Ini adalah seri tutorial pembuatan game top down shooter bagian ke 4. Asset gambar bisa didapat di http://gedebuk.org/spaceshooter. Setelah menambahkan pemain, peluru, dan musuh, sekarang kita perlu menambahkan interaksi antar objek-objek tersebut.

Interaksi musuh dan peluru

Kita perlu membuat musuh hancur setiap terkena peluru dari pemain, kita perlu buat ini menjadi satu event agar kita bisa menambahkan aksi lain seperti menambahkan skor pemain atau semacamnya.

1. Pindah ke event sheet, lalu buat event baru: Add event > ‘ On collision with other object’ > pilih objek Peluru.

2. Tambahkan aksi di event tersebut: Add action > Musuh > Destroy. Aksi ini akan membuat musuh menghilang saat terkena peluru. Jalankan game dan cobalah menembak musuh.

3. Event di atas belum lengkap karena setelah mengenai musuh, peluru yang bersangkutan akan terus bergerak dan mengenai musuh berikutnya. Kita hanya ingin satu peluru hanya bisa mengenai satu musuh, jadi tambahkan aksi kedua, Add action > Peluru > Destroy. Ini akan membuat peluru juga menghilang setelah mengenai musuh.

Interaksi pemain dan musuh

Jika menabrak pemain, objek musuh tersebut akan hancur. Kita nantinya perlu mengatur berapa jumlah nyawa pemain dan kapan permainan berakhir.

1. Buat event baru, Add event > Pemain > ‘On collision with other object’ > pilih objek Musuh.

2. Add action > Musuh > Destroy. Sama dengan interaksi dengan peluru, aksi ini akan membuat musuh menghilang dari layar.

3. Sebagai efek tambahan ketika menabrak musuh, kita bisa tambahkan behavior ‘Flash’ agar objek Pemain bisa terlihat ‘berkedip’. Buka tampilan Layout, pilih objek Pemain, klik link Behavior di tabel properties (sebelah kiri layar) > Add behavior > Flash.

4. Tambahkan satu aksi pada event Pemain menabrak musuh, Add action > Pemain > Flash > beri nilai on 0.3, off 0.2, dan waktu 2 detik.

107 - behavior flash

Nyawa pemain dan game over

Untuk membatasi jumlah pemain boleh menabrak musuh atau tertembak, kita perlu membuat suatu nilai nyawa pemain.

1. Klik kanan di event sheet, Add global variable > beri nama ‘nyawapemain’, tipenya ‘Number’ dan initial value 3. Kita akan menggunakan variabel ini sebagai nyawa pemain.

2. Tambahkan satu aksi baru di event collision pemain dan musuh, Add action > System  > Subtract from > pilih variabel ‘nyawapemain’ dan value 1.

3. Tambahkan event baru untuk mengecek kapan nyawa pemain habis, Add event > System > Compare two values > tulis ‘nyawapemain’, pilih ‘equal to’, dan isi dengan nilai 0.

4. Tambahkan aksi untuk membuat game over, Add action > System > Set time scale > isi nilai 0. Aksi ini akan menghentikan permainan, kita akan menggunakan ini sebagai fitur game over sementara. Pada game yang sebenarnya kita perlu membuat layar khusus untuk game over yang akan menampilkan skor pemain, dan pilihan untuk mengulang atau melanjutkan permainan.

107 - event akhir

Sekarang permainan top down shooter kita sudah terlihat gameplay utamanya, berikutnya kita perlu menambahkan fitur untuk membuat berbagai level yang menantang untuk dimainkan pemain. Kirimkan pertanyaan kamu ke contact@gedebuk.org


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?





About the Author



Back to Top ↑