Construct2 106 -05 behavior musuh

Published on February 2nd, 2015 | by Aditia Dwiperdana

0

Tutorial top down shooter [3]: Musuh

Ini adalah seri tutorial pembuatan game top down shooter bagian ke 3. Asset gambar bisa didapat di http://gedebuk.org/spaceshooter.

Tujuan dalam sebuah game top down shooter biasanya adalah melewati semua level yang ada, dengan rintangan berupa musuh dan objek lingkungan sekitar seperti asteroid atau sampah luar angkasa lainnya. Kali ini kita akan menambahkan musuh dengan pola gerakan yang sederhana:

  1. Insert new object > Sprite > beri nama objek ‘Musuh’ dan pilih file ‘enemyGreen3.png’ pada opsi ‘load an image’ di image editor.
  2. Sama seperti objek pemain dan peluru, buat gambar musuh mengarah ke kanan di image editor, tapi menghadap bawah di tampilan layout.

106 - 01 membuat sprite musuh

106 - 02 sprite musuh 106 - 06 musuh dan orientasi assetnya

POLA GERAKAN MUSUH

Untuk memudahkan pergerakan musuh, kita bisa tambahkan behavior 8Direction (seperti pada objek Pemain), tapi pastikan pengaturan ‘Default controls’ bernilai ‘No’. Ini akan membuat objek musuh memiliki fungsionalitas yang sama dengan pesawat pemain, namun tidak terpengaruh oleh input dari pemain.

  1. Klik objek Musuh agar tabel properti objek muncul di sebelah kiri. Klik ‘Behaviors’ dan tambahkan 8Direction. Ubah properti ‘Set angle’ dan ‘Default controls’ keduanya menjadi ‘No’.
  2. Ubah nilai ‘max speed’ menjadi 50, agar lebih mudah untuk kita tembak nantinya. Kamu bisa atur kecepatan ini sesuai dengan keinginan kamu.
  3. Pindah ke tampilan event sheet, buat event baru: Add event > System > Every tick. Add action > Musuh > simulate control > pilih ‘down’. Aksi ini akan membuat objek musuh terus bergerak ke arah bawah.

VARIASI GERAKAN MUSUH

Agar gerakan musuh tidak membosankan, kita bisa tambahkan behavior Sine. Behavior ini akan memudahkan kita membuat gerakan bolak balik seperti pendulum, yang secara matematis dianggap sebagai fungsi Sinus.

  1. Pada tampilan layout, klik Musuh dan lihat tabel propertinya. Klik Behavior > Add > Sine.
  2. Misalnya kita ingin musuh bergerak kanan dan kiri, jadi di pengaturan behavior Sine, pastikan nilai ‘Movement’ adalah ‘horivontal’. Ditambah dengan event ‘Every tick’ sebelumnya, sekarang musuh akan terlihat bergerak zig-zag.

106 -04 event akhir

MENAMBAHKAN MUSUH SECARA DINAMIS

Agar permainan kita lebih ramai, kita bisa menambahkan musuh secara berkala.

  1. Di event sheet, buat event baru: Add event > System > Every X seconds > beri nilai misalnya 1.5. Kondisi ini menandakan bahwa aksi yang bersangkutan akan dipanggil setiap 1.5 detik.
  2. Add action > System > Create object > Pilih objek musuh, pilih layer 1 (layer Game), nilai x kita isi dengan “random(50,WindowWidth-50)” tanpa tanda kutip dan nilai Y kita isi dengan -50. Fungsi random akan membuat posisi X musuh baru secara acak, dan nilai Y negatif berarti objeknya akan muncul dari sisi luar bagian atas dari level kita.

106 -03 - tampilan banyak musuh

Sekarang kita sudah punya tiga komponen utama dalam game kita, berikutnya kita akan menambahkan interaksi antar objek dan pembuatan level. Kirim ide atau pertanyaan kamu ke contact@gedebuk.org.


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?





About the Author



Back to Top ↑