Construct2 Cover-16-9

Published on September 7th, 2014 | by Aditia Dwiperdana

0

Tutorial top down shooter [2]: Peluru

Ini adalah seri tutorial pembuatan game top down shooter bagian ke 2. Asset gambar bisa didapat di http://gedebuk.org/spaceshooter. Setelah bisa menggerakkan pesawat pemain, sekarang kita perlu membuat pesawat tersebut bisa menembak.

Membuat peluru

  1. Karena dalam permainan akan sangat banyak peluru yang ditembakkan pemain, kita hanya perlu membuat satu objek peluru sebagai ‘cetakan’ dari semua peluru. Objek peluru lain akan dibuat secara dinamis saat permainan berjalan.
  2. Buat objek baru, klik kanan layout > Insert new object > Sprite, beri nama objeknya Peluru. Load gambar peluru yang diinginkan, misalnya ‘laserBlue02.png’.
    105 - 01 membuat sprite peluru
  3. Pastikan arah peluru ke kanan, karena arah depan objek adalah 0 derajat di sistem koordinat, yaitu arah kanan.
    105 - 02 gambar peluru awal105 - 03 arah peluru benar
  4. Tambahkan behavior ke objek tersebut, klik objeknya, di tabel properties klik ‘Behaviors’ > Add behavior > pilih ‘Bullet’. Di bagian properties Behavior, kita bisa mengatur gerakan peluru seperti kecepatan, akselerasi, dan lain-lain.

105 - 04 behavior peluru

Menembak Peluru

  1. Pada setiap kejadian pemain menembak peluru yang terjadi adalah: pemain menekan tombol tembak, sebuah peluru baru akan diciptakan di posisi pesawat berada.
  2. Buat event baru di event sheet untuk mendeteksi pemain menekan tombol tembak, misalnya tombol Z. Pastikan kita sudah memiliki objek keyboard di project, jika tidak kita bisa tambahkan dengan cara Insert new object > Keyboard.
    105 - 05 menambahkan objek keyboard
  3. Add new event > Keyboard > ‘Key is down’ > pilih tombol Z. Tambahkan kondisi baru dengan menekan tombol C, pilih System > ‘Every X seconds’ > isi dengan nilai 0.3. Kondisi event ini berarti selama tombol Z ditekan, setiap 0.3 detik aksi yang bersangkutan akan dijalankan, yaitu aksi membuat peluru.
  4. Tambahkan aksi di event tadi, Add action > pilih objek Pemain > Spawn another object > pilih objek Peluru. Pilih layer 1 (karena layer 0 khusus untuk latar belakang), dan pilih image point 0 (tengah objek).
  5. Jika kita sudah mengatur arah image Pemain dan Peluru dengan benar, peluru akan terlihat muncul dari pesawat. Perlu diperhatikan di sini kita tidak menyebutkan ke mana arah peluru itu harus bergerak karena mengikuti arah depan objek yang membuatnya (Spawn object), yaitu objek Pemain.
    105 - 10 event akhir

Mengatur Posisi Tembakan

105 - 06 peluru dari tengah pesawat

Jalankan game dan mencobalah menembak, lalu perhatikan bahwa objek peluru akan muncul dari tengah-tengah pesawat. Ini bukanlah hal yang seharusnya terjadi di game, sebaiknya peluru muncul dari titik yang masuk akal, misalnya dari moncong pesawat.

  1. Untuk memperbaiki hal ini, kita perlu mengubah image point yang digunakan saat spawn objek baru. Image point 0 akan secara otomatis dibuat dan biasanya disimpan di tengah Sprite. Kita perlu membuat image point baru di posisi moncong pesawat.
  2. Klik ganda di objet pesawat kita, di image editor, pilih tombol ‘Set origin and image points’ di sebelah kiri image editor (kedua dari bawah). Hal ini akan memunculkan daftar image point dalam pop up baru.
    105 - 07 image point pesawat awal105 - 08 image point pesawat akhir
  3. Klik tombol (+) di pop up ‘Image points’ dan beri nama Nose. Saat image point tersebut masih terpilih, klik di titik yang diinginkan, yaitu moncong pesawat.
  4. Ganti Image point pada event menembak menjadi Image point = 1. Jika sekarang kita jalankan, peluru sudah muncul dari moncong pesawat tapi mulai dari bagian tengah peluru.
  5. Untuk memperbaikinya, kita perlu mengubah posisi Origin peluru ke titik paling belakang. Cobalah lakukan ini sebagai latihan!
    105 - 09 image point peluru akhir

 

Jika ada pertanyaan kirim ke contact (at) gedebuk.org!


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?




Tags: , ,


About the Author



Back to Top ↑