Construct2 Cover-4-3

Published on August 30th, 2014 | by Aditia Dwiperdana

0

Tutorial top down shooter [1]: Pemain

Salah satu cara yang efektif untuk belajar membuat game adalah dengan membuat ulang berbagai game klasik yang sudah pernah ada. Kita bisa fokus belajar implementasi teknis game tanpa harus mengira-ngira apakah gamenya akan menarik dimainkan atau tidak, karena kita bisa memilih game klasik yang menurut kita sudah menarik.
Untuk beberapa artikel ke depan, kita akan membuat game top down shooter. Umumnya dalam game dengan jenis ini kita bermain sebagai pesawat, seperti Galaga, Galaxian, Raiden, dan lain-lain.

MENDOWNLOAD ASSET GAMBAR

Semua asset gambar yang kita gunakan adalah asset gambar gratis yang didapat dari opengameart.org, yaitu paket ‘Space Shooter Redux’ dari Kenney (kenney.nl). Untuk mendownloadnya kamu bisa akses http://gedebuk.org/spaceshooter

MEMBUAT PROJECT BARU

Ada dua jenis tampilan dalam game shooter, vertikal seperti Raiden, atau horizontal seperti Gradius. Tampilan vertikal biasanya diadaptasi dari game arcade, sedangkan tampilan horizontal adalah penyesuaian untuk bentuk TV pada umumnya.
Kali ini kita akan membuat vertical top down shooter, jadi buat project baru dan pilih template dengan tipe ‘potrait 16:9′. Lalu karena kita tidak perlu layout yang terlalu besar, ganti ‘layout size’ di layar properties kiri sesuai ‘window size’ project properties, “480, 854″.

104 - new project

 

104 - 02 - layout size

MEMASANG LAYAR BELAKANG

  1. Kita hanya akan menggunakan satu latar belakang di game ini. Buat objek baru, klik kanan di layout > Insert new object > TiledBackground > pilih gambar yang diinginkan (pada contoh digunakan file ‘purple.png’).
    104 - 03 - tile background object
    104 - 04 - background image
  2. Pastikan ukuran objek background ini menutupi keseluruhan layout kita.
    104 - 05 - background object size
  3. Kita tidak akan menggerak-gerakkan posisi background lagi, tapi kita bisa secara tidak sengaja meng-klik objek tersebut. Untuk mecegah hal ini kita perlu membuat layer baru. Pada pengaturan layer ganti nama ‘Layer 0′ menjadi ‘Background’, lalu tekan tombol gembok untuk mengunci layer tersebut.
  4. Buat layer baru untuk objek-objek lain, tekan tombol ‘+’ lalu ganti nama layer baru menjadi Game. Pastikan layer yang aktif (layer yang disorot) adalah layer Game.
    104 - 06 - menambah layer 1
    104 - 06 - menambah layer 2
    104 - 06 - menambah layer 3

MEMASUKKAN PEMAIN

  1. Dari beberapa pilihan pesawat pemain, pilih satu yang akan kita gunakan, sebagai contoh akan digunakan file ‘playerShip2_blue.png’.
  2. Buat objek Sprite untuk pemain, Insert new object > Sprite > beri nama objek ‘Pemain’.
    104 - 07 - menambah sprite
  3. Di image editor pilih load file pesawat kita.
    104 - 07 - menambah sprite 2
  4. Putar gambar di image editor agar menghadap ke kanan. Hal ini perlu dilakukan karena acuan bagian ‘depan’ berbagai objek dalam Construct 2 adalah sudut 0 derajat dalam koordinat kartesian yang mengarah ke kanan.
    104 - 07 - menambah sprite 3
  5. Keluar dari image editor dan kembali ke layout editor, putar sprite pemain kita menjadi menghadap ke atas.

MENGGERAKKAN PEMAIN

  1. Untuk membuat pemain bergerak seperti pada game top down shooter, kita perlu menambahkan dua behavior: ’8 Direction’ dan ‘Bound to Layout’.
  2. Cara menambahkan behavior adalah dengan klik link behavior di area properti di kiri layar > tekan tombol ‘+’ > pilih behavior yang diinginkan.
    104 - 08 - behavior player 1
  3. 8 Direction akan membuat sprite pemain bisa dikontrol dengan tombol arah di keyboard, pastikan kita set properti ‘Set angle’ menjadi ‘no’ agar pesawat kita tidak berubah arah saat bergerak.
  4. Bound to layout akan membuat objek kita tidak bergerak melebihi layar, ada dua opsi bound: Edge akan membuat objek kita berhenti di ujungnya (sayap pesawat), Origin akan membuat objek kita berhenti di bagian tengah pesawat. Dalam game ini, kita akan gunakan opsi Origin.
    104 - 08 - behavior player 2

Sejauh ini kita sudah bisa menggerakkan pesawat pemain dengan latar belakang luar angkasa. Dalam artikel berikutnya kita akan membuat pemain bisa menembak musuh.


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?




Tags: ,


About the Author



Back to Top ↑