Article 03

Published on February 22nd, 2013 | by gedebuk

Tips untuk membuat casual game

Casual game merupakan salah satu jenis genre yang biasanya mencakup user yang cukup luas. Mulai dari kalangan anak – anak, remaja, sampai dewasa. Contohnya seperti Angry Birds, Cute the Rope, Fruit Ninja, dan lain – lain. Saat ini, casual game cukup berkembang pesat pada platform mobile, khususnya smartphone. Karena biasanya pengguna smartphone akan menghabiskan waktu menunggu (seperti di angkot, antrian, mengisi waktu luang) dengan berkomunikasi (sms atau telepon), bermain game, mendengarkan musik, atau menggunakan social media. Potensi market untuk casual game memang memiliki banyak oportunitas, tapi untuk membuat casual game yang sukses, perlu ditangani dengan baik dan benar dalam desain gamenya. Rubrik kali ini akan membahas beberapa tips untuk mengembangkan casual game , yaitu:

  1. Simple plot. Buat game yang ceritanya tidak terlalu rumit. Pada game Cute the Rope, seekor katak ditinggalkan pada sebuah kardus di depan pintu rumah kita. Tugas kita adalah memberi makan katak tersebut dengan permen, dengan cara memotong tali permen sehingga permen terjatuh tepat ke mulut katak.
    01

  2. Simple to play. Pilih gameplay yang simple dan perlu juga disesuaikan dengan target platformnya. Misalkan jika kita ingin membuat casual game untuk smartphone touchscreen, kita manfaatkan sebaik – baiknya touchscreen tersebut. Pada game Cut the Rope, gameplay cukup simple. Kita hanya perlu swipe pada tali untuk menjatuhkan permen. Atau pada game Fruit Ninja, kita hanya perlu swipe pada buah – buahan untuk mendapatkan point.
  3. Keep your player happy. Selalu berikan kesempatan kepada pemain untuk mencoba dan mencoba lagi (free – to – fail). Jangan berikan punishment kepada pemain jika pemain tersebut salah memainkannya. Jangan lupa berikan celebration ketika pemain menyelesaikan suatu misi.
  4. Constant feedback. Berikan selalu feedback secepatnya kepada pemain. Misalkan kita mendapatkan point ketika permen mengenai bintang pada game Cut the Rope, maka tampilkan pula perubahan point yang terjadi secara langsung.
    02

  5. Lots of level! Karena kita lebih mengedepankan gameplay yang simple dan free – to – fail, maka kita juga harus menyediakan level yang banyak dan beragam.
  6. Always challenge your player. Meskipun casual game ini merupakan game yang simple, tapi kita juga perlu membuat tantangan tersendiri untuk pemainnya. Misalkan pada Angry Birds, pemain ditantang untuk mengumpulkan hidden object dan perfect score agar dapat achievement tambahan.
  7. Give achievement to your player. Buat achievement untuk pemain yang berhasil membuat pencapaian di game tersebut.

Tentu saja, yang paling mendukung sebuah game casual untuk sukses adalah keunikan ide dari game tersebut. Seperti game Line Pop, sebuah game match three biasa. Tapi memiliki keunikan tersendiri. Mulai dari grafis yang lucu, efek ledakan yang memanjakan mata, sampai fitur sosialnya yang membuat kita berusaha lebih baik lagi. Dan jangan mudah menyerah.
03


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?





About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑