Article 1

Published on January 8th, 2013 | by gedebuk

Tips memulai startup di industri game

Setelah sebelumnya kita mempelajari bagaimana cara membuat game, mendesain game jenis platformer, cara monetisasi game, dan jenis – jenis platform game, sekarang kita akan mempelajari bagian yang paling sulit, yaitu memulainya. Ya, banyak orang yang bingung bagaimana masuk kedalam industri yang memang masih tergolong asing ini. Artikel minggu ini akan membahas tips untuk pemula yang ingin masuk ke industri game.
Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk perkembangan industri kreatif. Indonesia memiliki segudang talenta yang sangat berbakat, kemampuan orang Indonesia tidak kalah jika dibandingkan orang luar negeri. Terbukti beberapa film Holywood atau game semacam Assassin Creed, ada orang Indonesia yang terlibat didalamnya. Ditambah dengan bermunculan perguruan tinggi yang memiliki fokus studi pada bidang game. Alasan itulah yang membuat industri game menjadi alternative baru dalam berbisnis.
Untuk memulai bisnis dalam industri game, ada beberapa tips dalam terjun ke dalam industri game, yaitu:

  1. Kenali industri game
    Langkah awal jika ingin masuk ke industri game yaitu kenalan terlebih dahulu. Sering – sering lah membaca berita tentang game, kita dapat membacanya dari artikel seperti Gamasutra, gamespot, dan website – website lainnya yang membahas tentang game. Ini bertujuan agar kita melakukan sedikit riset dan mempelajari industri game. Bagaimana perusahaan melakukan promosi, teknik marketing, gameplay yang cocok untuk suatu kalangan, dan sebagainya.
  2. Pelajari kesempatan yang ada
    Setelah mengenali industri game, kita pelajari kesempatan diri kita di dalam industri tersebut. Kita pelajari role yang ada dalam industri game, baik role developer maupun non developer. Bahkan di dalam suatu role, terkadang akan ada spesialisasi lagi di dalamnya. Seperti role programmer, pada studio besar akan dibagi lagi menjadi AI programmer, Sound programmer, GUI programmer, dan sebagainya. Maka dari itu, kenali role yang ada, dan yang sekiranya menarik untuk kita dalami.
  3. Focus on your strength!
    Setelah itu, fokus pada kekuatan yang kita punya. Misalkan pada step sebelumnya kita memilih programmer, mulai lah belajar dan mendalami bidang itu. Coba belajar dari berbagai referensi, teknik – teknik programming yang cocok, algoritma dalam penyelesaian masalah, dan sebagainya. Sebisa mungkin, jangan setengah – setengah dalam mempelajari role. Dalam membentuk start up, kita membutuhkan super tim bukan super man.
    2

  4. Finish your game!
    Jika sudah memiliki tim, yang biasanya terdiri dari game programmer, game artist, game designer, dan game composer, maka hal berikutnya yang harus dilakukan adalah membuat satu game yang jadi. Mulailah membuat game yang kecil seperti game Pong, Arkanoid, atau Chip Challenge. Buat selengkap mungkin, mulai dari membuat karakter, menggerakkan karakter, membuat karakter menembak dan melompat, membuat musuh, membuat musuh yang memiliki kecerdasan buatan, membuat main menu, dan sebagainya. Dengan membuat game yang lengkap, kita akan mempelajari banyak hal. Jangan hanya membuat game yang setengah – setengah. Lalu cobalah mengikuti kompetisi membuat game, ini akan membuat kita merasa dikejar deadline, dan pada akhir kompetisi, game kita akan di periksa oleh juri dan orang – orang. Hal tersebut tentu saja akan memberi kita pelajaran dan masukan yang sangat berharga.
    1

Cukup sekian rubrik minggu ini, untuk artikel selanjutnya, kita akan membahas beberapa game developer dan menceritakan pengalamannya dalam membangun start upnya.


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?





About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑