Construct2 Music_player_logo

Published on April 5th, 2014 | by Aditia Dwiperdana

0

Mengatur volume suara dalam Construct 2

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang cara memasukkan dan menjalankan suara dalam game, kali ini kita akan membahas bagaimana membuat menu dan tombol dalam game untuk mengatur suara dalam game kita.

Umumnya game memiliki fitur untuk mengatur volume suara (seberapa keras suara dalam game) atau untuk mematikan suara sama sekali. Fitur mematikan suara biasanya ditampilkan dalam bentuk tombol di layar yang bisa ditekan, sedangkan untuk mengatur volume suara biasanya dalam bentuk slider di layar menu atau ‘options’.

Membedakan suara dan musik

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang tag, dan fungsinya untuk membedakan suara atau musik yang dijalankan. Tag juga akan digunakan untuk menandai suara apa yang akan dipengaruhi oleh pengaturan suara kita ini. Sebagai contoh, kita bisa membedakan efek suara dan musik menjadi tag “SFX” dan “BGM”. Kita bisa menambahkan tag saat menjalankan musik dalam suatu action, Add action > Play > pilih musik, looping, volume dan tulis tag yang kita inginkan.

88 - audio tag

Membuat tombol untuk mematikan suara

  • Untuk membuat tombol mute kita perlu dua gambar speaker dengan salah satu ditandai silang untuk menandai suara dimatikan. Buat sprite baru di layout, klik kanan > Insert new object > Sprite > lalu masukkan kedua gambar di frame yang berbeda. Jangan lupa untuk mengubah speed animasinya menjadi 0 agar tidak dijalankan secara otomatis oleh Construct.
  • Buat event baru untuk mendeteksi tombol tersebut saat di klik, pastikan kita sudah menambahkan objek Mouse atau Touch. Add event > Mouse > On object clicked > pilih left click dan objek TombolMute.
  • Akan ada dua subevent yang perlu kita buat, satu saat suara normal, dan satu saat suara mati. Kedua hal tersebut kita periksa berdasarkan posisi animation frame TombolMute. Klik kanan event sebelumnya, Add subevent > TombolMute > Compare frames > isi dengan nilai 0. Tambahkan dua aksi, pertama untuk mengubah frame TombolMute menjadi yang diberi silang, Add action > TombolMute > Set animation frame > isi dengan nilai 1. Aksi berikutnya adalah untuk mematikan suara dengan tag tertentu, Add action > Audio > Set muted > isi tag yang kita ingin matikan, misalnya “BGM” lalu set “muted”. Lakukan aksi ini untuk setiap tag yang kita miliki, misalnya “SFX”.
  • Untuk membuat aksi yang dijalankan saat animation frame bernilai 1, kita perlu buat event else. Klik kanan di event terakhir > Add else. Lalu Add condition > TombolMute > Compare frames > isi nilai 1. Tambahkan event yang serupa dengan langkah sebelumnya, tapi buat TombolMute kembali ke frame 0 dan audio kita menjadi unmute.

88 - event tombol mute

Membuat pengaturan untuk volume

Untuk membuat pengaturan volume (mengecilkan atau memperbesar suara), kita bisa menggunakan aksi Audio > Set volume > pilih tag dan pengaturan suara yang bersangkutan. Pengaturan volume ditulis dalam satuan dB atau desibel. 0 dB adalah volume maksimum, -10 dB adalah 50% dari volume maksimum. Berikut adalah contoh event untuk pengaturan volume menggunakan sebuah sprite dengan 5 frame.

88 - event mengatur volume

Jika ada pertanyaan kirim via email ke contact at gedebuk dot org.


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?





About the Author



Back to Top ↑