Construct2 g62-hasil-game

Published on September 8th, 2013 | by Aditia Dwiperdana

0

Menangkap objek dan mencatat skor

Pada artikel kali ini, kita akan menerapkan sistem skoring sederhana untuk game kita, untuk itu kita perlu menerapkan dua hal:

  1. Deteksi tumbukan karakter dan bintang, ini akan menjadi kondisi event untuk mendapatkan skor.
  2. Menghitung jumlah bintang yang sudah didapat, mulai dari nol dan terus bertambah setiap karakter menabrak bintang.
  3. Menampilkan teks skor kita di layar.

Deteksi tumbukan

Construct sudah menyediakan fitur untuk mendeteksi tumbukan sprite sederhana. Pada halaman event, kita perlu buat event baru:

  1. Pilih sprite karakter yang sudah kita buat. Pada bagian collisions di daftar event, pilih “Is overlapping another object
  2. Pada pop up yang muncul kita perlu pilih objek apa yang akan diperiksa tumbukannya, dalam contoh ini kita pilih objek Bintang.

Berikutnya kita perlu membuat aksi yang dilakukan saat terjadi tumbukan, yaitu menghitung jumlah bintang yang sudah ditangkap oleh karakter pemain. Untuk menghitung jumlah bintang kita harus membuat suatu variabel.

Variabel untuk menyimpan skor

Variabel adalah suatu mekanisme dalam pemrograman untuk menyimpan data yang bisa berubah saat program dijalankan. Contoh data yang berubah misalnya jumlah skor yang didapat, jumlah nyawa pemain, sisa waktu dalam permainan, dan lain-lain. Sedangkan contoh data yang bukan variabel misalnya kecepatan gerakan Bintang pada artikel sebelumnya, karena kita menyimpan data itu langsung dalam bentuk angka di logika eventnya (“Move 5 pixels at angle 180″).

Data yang bukan variabel seperti kecepatan Bintang tersebut tidak bisa kita ganti saat permainan dijalankan, dalam pemrograman ini disebut Constant atau konstanta.

Ada dua jenis Variabel dalam Construct 2:

  1. Variabel Instance adalah bagian dari atribut sebuah objek, dan hanya ada selama objek yang bersangkutan ada di permainan. Jika karena suatu hal objek tersebut dihilangkan dari permainan, misalnya karakter lawan yang sudah dikalahkan pemain, Variabel Instance tadi sudah tidak bisa diakses lagi. Variabel jenis ini cocok digunakan untuk menyimpan informasi atribut suatu objek, misalnya untuk membedakan nyawa musuh (atau butuh berapa kali pukul untuk mengalahkan musuh tersebut).
  2. Variabel Global adalah variabel yang selalu ada selama pemainan dijalankan, karena tidak terikat pada objek. Variabel ini cocok digunakan untuk menyimpan informasi yang akan sering kita akses sepanjang permainan, misalnya skor, waktu, level saat ini, dan lain-lain.

Untuk menyimpan skor kita perlu membuat suatu variabel global baru:

  1. Klik kanan di halaman event > pilih “Add Global Variable”.
    g62-add-variable
  2. Beri nama yang mudah diingat dan menjelaskan isi dari variabel yang akan kita buat, misalnya “BintangYangDidapat”.
  3. Pilih tipe variabel “Number” untuk menyimpan angka. Tipe Text hanya digunakan untuk menyimpan tulisan.
  4. Untuk memperjelas kita bisa tambahkan keterangan “Jumlah bintang yang didapat oleh pemain”.
  5. Biarkan opsi Constant tidak dipilih, karena kita akan merubah isi variabel ini nantinya. Jika dilakukan dengan benar, akan muncul variabel yang kita buat di bagian atas halaman event.

Menambah skor

Untuk menambah skor tiap terjadi tumbukan antara karakter dan bintang, kita perlu membuat aksi pada event tumbukan yang sudah kita buat:

  1. Add Action > System. Pada bagian “Global & local Variables” kita pilih “Add to”
  2. Pastikan variabel yang terpilih adalah variabel “BintangYangDidapat” yang kita buat sebelumnya. Untuk value kita biarkan bernilai 1.
  3. Buat objek baru dengan jenis Text. Ganti nama objeknya menjadi Skor.
  4. Agar objek Skor menampilkan jumlah bintang yang didapat kita perlu tambahkan satu aksi ke Event Every Tick yang pernah kita buat. Pilih “Add Action” > Pilih objek Skor > Pilih “Set Text”
  5. Isi text dengan ["Skor: " & BintangYangDidapat] tanpa kurung siku. Tanda “&” akan menggabungkan teks dalam tanda petik dengan Variabel Global yang kita buat.

Menampilkan Skor

Jika dilakukan dengan benar akan muncul seperti ini:

g62-event-selesai

 Jalankan permainan lalu kamu bisa lihat setiap karakter menabrak bintang, angka skor akan meningkat.

g62-hasil-game


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?





About the Author



Back to Top ↑