Construct2 Music_player_logo

Published on April 5th, 2014 | by Aditia Dwiperdana

0

Menambahkan musik dan suara dalam Construct 2

Sebuah video game tidak akan lengkap tanpa musik dan efek suara. Walaupun banyak dari pemain game pada mobile device seperti smartphone atau tablet mematikan suara saat bermain, kita tetap perlu memasukkan suara ke dalam game kita. Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan musik dan efek suara dalam Construct, jenis suara berdasarkan penggunaannya dalam game, dan jenis file yang bisa kita gunakan.

Jenis suara

Ada dua jenis suara dalam Construct 2, yaitu Music dan Sound. Music adalah lagu pengiring atau musik latar yang dijalankan bersama game kita. Sedangkan sound adalah efek suara yang muncul pada kejadian-kejadian tertentu misalnya saat terjadi ledakan dalam game. Pada HTML5, semua file musik yang kita masukkan ke dalam game akan dijalankan secara ‘stream’, atau dijalankan sambil didownload. Sedangkan file sound akan didownload terlebih dahulu baru dijalankan saat dibutuhkan. Perhatikan folder yang tempat kita mengimport file suara kita, jika kita salah memasukkan file musik ke folder sound, file musik tersebut akan didownload terlebih dahulu sebelum musik tersebut bisa dimainkan. Tergantung dari kecepatan internet pemain dan ukuran file musik tersebut, pemain bisa menunggu sampai beberapa menit sampai musiknya dimulai.

Jenis file suara/musik

Construct menggunakan dua format utama untuk file suara, yaitu Ogg Vorbis (.ogg) dan MPEG-4 AAC (.m4a), hal ini dilakukan karena beberapa browser memiliki standar yang berbeda terhadap jenis file suara yang bisa digunakan. Internet Explorer dan Safari hanya bisa memainkan file MPEG-4 AAC, sedangkan Firefox, Chrome, dan Opera menggunakan Ogg Vorbis. Secara otomatis Construct 2 akan membuat file dengan kedua format di atas jika kita menggunakan file .wav (format yang disarankan oleh pengembang Construct 2).

MP3 adalah format file musik yang cukup umum, tapi para pengembang Construct 2 tidak menyarankan kita untuk menggunakan format tersebut karena mp3 sebenarnya adalah format berbayar, dan kita seharusnya membayar biaya lisensi jika menggunakan mp3 dalam game kita. Mungkin di Indonesia ini tidak akan menjadi masalah, namun di Amerika Serikat atau Eropa hal ini perlu diperhatikan.

Menambahkan musik dan suara ke dalam game

Buat objek Audio dari layar layout, klik kanan pada layout > Insert new object > Audio.

Tambahkan file musik/efek suara pada folder yang sesuai pada project tree. Misalnya kita ingin menambahkan musik, klik kanan pada folder Music > Import music > lalu pilih file yang ingin kita masukkan ke dalam game.

87 - import file musik87 - hasil import

Menjalankan musik menggunakan event

Untuk memainkan sebuah file musik/suara, kita cukup membuat event, misalnya event di awal layout untuk menjalankan musik latar. Add event > System > On start of layout. Add action > Audio > Play > pilih musik kita dari daftar pilihan, pilih apakah musiknya berulang atau tidak (looping atau not looping), pengaturan volume tambahan (biarkan 0 untuk menggunakan volume asli dari file). Tag bisa kita gunakan untuk mengelompokkan beberapa suara yang sudah dimainkan untuk kita atur volume atau mengentikan suara tersebut di event lain.

87 - memainkan musik

Perlu diketahui bahwa jika hanya file yang memiliki versi .oog dan .m4a yang akan muncul di daftar pilihan. Jika kita memasukkan file .mp3, file tersebut hanya akan diubah ke format .m4a saja.

87 - event

Masih banyak hal yang bisa dilakukan dengan musik/suara di Construct 2, seperti memodifikasi suara dengan berbagai filter, atau memainkan bagian-bagian tertentu dari sebuah file musik. Jangan takut untuk bereksperimen dalam game kamu, jika ada pertanyaan kirim ke contact at gedebuk dot org.


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?





About the Author



Back to Top ↑