Game Design g56 - harmoknight

Published on June 23rd, 2013 | by Aditia Dwiperdana

0

Memilih ide game terbaik

Jika kamu adalah seorang gamer, atau orang yang senang atau memainkan banyak game, kemungkinan besar kamu akan memiliki banyak sekali ide game yang kamu rasa bagus atau menarik. Tapi dengan ide sebanyak itu akan sulit memilih salah satu ide buat kita kembangkan sampai menjadi game yang utuh. Kesulitan yang sama bisa saja kamu hadapi kalau bergabung dengan beberapa teman dalam suatu tim pengembang game, karena semua orang punya ide yang ingin mereka wujudkan jadi sebuah game. (Untuk tips dalam membuat ide game, lihat artikel minggu lalu di gedebuk.org/55)

Seleksi Ide Bertahap

Untuk menyaring banyak ide game menjadi beberapa ide terbaik akan diperlukan suatu mekanisme seleksi. Mekanisme seleksi ada bermacam-macam, tergantung dari apa yang ingin kita jadikan patokan utama untuk menentukan suatu ide game dianggap bagus, bisa berdasarkan kompleksitas, target pemain, tingkat kesulitan proses pengembangan gamenya, atau faktor lainnya. Contoh metode seleksi yang bisa dilakukan adalah dengan seleksi ide bertahap, dimana kita akan memilih sebagian dari ide yang ada untuk dikembangkan dan diseleksi lagi sampai kita mendapatkan ide game yang terbaik.

Ada beberapa tahap yang perlu dilakukan, di setiap tahap kita akan memilih ide-ide yang paling menarik, misalnya 3 terbaik. Tahap-tahap tersebut adalah:

  1. Seleksi pitch (presentasi) 30 detik.
    Dalam tahap ini kita perlu menjelaskan gamenya dalam beberapa kalimat saja, jadi kita dalam waktu singkat kita harus bisa menarik perhatian orang yang mendengarkan ide game yang kita buat. Kalau dalam 30 detik kita tidak bisa menarik perhatian orang, mungkin ide gamenya memang tidak menarik. Contoh presentasi 30 detik ini bisa kamu lihat di gedebuk.org/pitch, di situ ada video kumpulan pitch 30 detik dari Double Fine Productions.
    Dalam tahap ini kita belum perlu membuat concept art, walaupun dengan adanya concept art akan lebih memperjelas bayangan orang terhadap game kita.

    g56 - harmoknight

    Gameplay design Harmoknight, buatan Game Freaks

  2. Seleksi presentasi 5 menit
    Dalam tahap ini kita bisa lebih mendalam saat menjelaskan fitur atau cerita yang akan ditampilkan dalam game kita. Sebaiknya pada tahap ini kita sudah menyiapkan concept art atau setidaknya referensi art sebagai gambaran untuk aspek visual game kita.
  3. Seleksi presentasi 30 menit
    Pada tahap ini kita sudah perlu menjelaskan fitur apa saja yang akan dimasukkan ke dalam game. Misalkan game yang ingin kita buat adalah sebuah game Role Playing Game seperti Final Fantasy, kita perlu jelaskan seperti apa pengembangan karakternya, seperti sistem naik level, bagaimana mendapatkan skill baru, dan lain-lain.
  4. Pembuatan Game Design Document (GDD)
    Pada tahap ini seharusnya kita sudah memilih ide game yang paling menarik yang kita punya, saatnya untuk mendetailkan sisa desain game yang dibutuhkan sebelum kita mulai membuat game tersebut. Contoh detail yang kita masukkan ke dalam GDD misalnya jumlah level atau daerah yang bisa dijelajahi, berbagai jenis musuh dalam game, dan lain-lain.

Keuntungan yang akan kita dapatkan dengan melakukan seleksi ide bertahap ini adalah

  • Kita tidak menghabiskan waktu untuk mendetailkan ide game yang pada akhirnya tidak lebih menarik dari ide lain
  • Seleksi dengan penjelasan singkat seperti 30 detik atau 5 menit akan memaksa kita untuk menonnjolkan kekuatan utama suatu ide game

Kirimkan ide game design kamu ke design@gedebuk.org, game design terbaik akan menjadi studi kasus di tutorial berikutnya!

 


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?





About the Author



Back to Top ↑