Construct2 90 - hasil akhir papan

Published on April 5th, 2014 | by Aditia Dwiperdana

0

Membuat ular tangga dengan Construct 2

Pada tutorial kali ini kita akan membuat sebuah game ular tangga sederhana menggunakan Construct 2. Tutorial ini adalah permintaan dari salah satu pembaca artikel Bikin Game Yuk! Pada game ini pemain akan bergiliran melempar dadu untuk menggerakkan karakternya di atas papan permainan. Jika pemain berhenti pada kotak yang memiliki tangga, pemain boleh menaiki tangga ke kotak di ujung tangga, sedangkan jika berhenti pada kotak yang memiliki ekor ular, pemain akan langsung menuruni ular ke kotak dengan kepala ular.

Pembuatan game ini akan terbagi menjadi beberapa bagian, pada bagian pertama kita akan membuat papan permainan. Ada dua cara yang bisa kita gunakan dalam membuat papan permainan ini, kita bisa meletakan sprite kotak bernomor secara manual di layout, atau meletakkan objek menggunakan event dan loop.

90 - hasil akhir papan

Membuat objek kotak pada papan

Papan akan terdiri dari beberapa kotak bernomor, pada game ular tangga biasanya memiliki 100 kotak, namun untuk contoh kita hanya akan menggunakan 16 kotak. Setiap kotak adalah objek yang terpisah, yang masing-masing akan menyimpan gambar kotak bernomor pada frame animasinya. Kamu bisa buat sendiri beberapa kotak dengan warna yang kamu inginkan, dan beri angka 1 sampai 16 untuk setiap kotak. Pada contoh ini kita akan menggunakan file PNG dengan ukuran 100×100 pixel.

  1. Kita perlu membuat objek baru dengan klik kanan pada layout > Insert new object > Sprite > lalu klik di mana saja untuk meletakkan objek sprite tersebut.
  2. Pada sprite editor, cari window Animation Frames, klik kanan lalu pilih Import frames > pilih semua file gambar yang akan kita gunakan. Setelah semua gambar muncul sebagai frame animasi, hapus frame pertama yang masih kosong (saat ini bernomor nol).
  3. Ubah nilai Animation speed pada animation properties di sebelah kiri layar menjadi nol, karena kita tidak menggunakan frame-frame ini untuk animasi.

90 - animation frames

Menyusun papan dengan event dan loop

Penomoran kotak pada papan ular tangga adalah mengular seperti pada gambar. Karena kita akan menyusun papan menggunakan event, hal yang perlu diingat adalah bahwa nilai X dan Y pada koordinat dimulai dari titik kiri atas, jadi semakin ke bawah nilai Y semakin besar, dan semakin ke kanan nilai X semakin besar.

Kurang lebih event yang perlu kita buat memiliki logika seperti ini:

  1. Untuk setiap baris pada papan, lakukan hal berikut:
  2. Untuk setiap kolom pada papan, lakukan hal berikut:
  3. Buat objek kotak yang baru dimulai dari sisi kiri jika barisnya ganjil (dimulai dari 1), atau
  4. buat objek kotak yang baru dimulai dari sisi kanan jika barisnya genap.

90 - event bagian 1

 

 

90 - event bagian 2

Event yang sudah selesai akan terlihat seperti di gambar, beberapa penjelasan yang kamu perlu pahami:

  1. Kita perlu buat variabel global, untuk menyimpan baris, kolom, dan nilai frame.
  2. Tanda persen pada “y % 2” adalah operasi modular, kira-kira berarti jika y dibagi 2, berapa sisanya. Jika sisanya nol, artinya nilai y genap, tapi jika sisanya satu, nilai nya ganjil.
  3. Yang membuat kotak disusun dari kiri atau dari kanan adalah rumus perhitungan posisi x untuk objek baru,.
  4. Frame animasi perlu di set di dua cabang event karena objek yang baru dibuat hanya bisa diakses pada kelompok aksi dalam satu kondisi

Pada artikel berikutnya kita akan menambahkan karakter dan pergerakannya. Kirim pertanyaan kamu ke contact at gedebuk dot org.


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?





About the Author



Back to Top ↑