Construct2 breakout-tutorial-cover

Published on May 8th, 2016 | by Aditia Dwiperdana

0

Membuat Permainan Breakout

Breakout atau disebut juga Arkanoid, adalah permainan klasik dimana pemain harus menghilangkan semua bata di layar dengan cara memantulkan bola dengan sebuah tongkat. Permainan ini adalah pengembangan dari Pong, salah satu video game pertama di dunia yang mengadaptasi permainan tenis meja.

Pada tutorial ini kita akan menggunakan gambar dari Puzzle Game Art karya Kenney di OpenGameArt (http://opengameart.org/content/puzzle-game-art). Kita akan menggunakan gambar bola, paddle (tongkat), dan beberapa gambar bata warna-warni yang akan kita jadikan target. Nantinya kita akan menggunakan beberapa gambar lain untuk keterangan pemain menang atau kalah.

Kita masih menggunakan Construct 2 dalam tutorial ini. Untuk yang belum menginstallnya, download aplikasinya di https://www.scirra.com. Setelah terinstall, buatlah sebuah project baru, pilih Empty project.

Membuat Objek Bola

  1. Buat sebuah objek Sprite baru, bernama Bola dengan cara klik kanan pada layout > Insert new object > Sprite. Lalu klik di layout untuk meletakkan objek tersebut.
  2. Pada image editor yang muncul, pilih ‘load an image’ di kiri atas, lalu pilih gambar bola yang akan digunakan.
  3. Tutup image editor, lalu klik link Behavior di tabel properti di kiri layar. Klik tombol ‘Add new’ > pilih behavior Bullet.
  4. Ubah arah gambar peluru lalu coba jalankan permainan (tekan tombol ‘Run layout’ di bagian atas layar. Kamu akan melihat peluru tersebut bergerak ke arah yang sudah kita atur.

Membuat Tembok

Bola akan selalu ada di layar kecuali melewati bagian bawah layar (jika pemain tidak berhasil menggerakkan paddle pada waktunya), jadi kita perlu membuat objek tembok untuk memantulkan bola.

  1. Buat sebuah objek Sprite baru seperti sebelumnya, tapi kali ini kita bisa cukup mengisi sprite dengan suatu warna, misalnya merah.
  2. Tambahkan Behavior dengan cara yang sama dengan sebelumnya, tapi pilihlah behavior Solid.
  3. Salin objek lalu atur posisi dan ukuran objek agar menutupi semua pinggiran layar (ditunjukkan dengan garis putus-putus pada area layout.

Jika kita jalankan permainan kali ini, bola akan bergerak tapi akan menembus tembok karena kita belum mengatur interaksi antara dua objek tersebut.

152 - layout bola memantul

Membuat bola memantul

Kita bisa membuat interaksi antara dua objek menggunakan event, yang akan mendeteksi saat gambar bola ‘menabrak’ gambar tembok.

  1. Pindah ke tampilan event, lalu pilih ‘Add event’ > Bola > On collision with another object > pilih objek Tembok.
  2. Add action > Bola > Bounce off object > pilih objek Tembok. Dengan aksi ini, bola akan memantul ketika menabrak tembok. Kita tidak perlu mengatur arah pantul karena sudah diperhitungkan oleh Construct 2.

Sekarang jika kita menjalankan permainan, Bola sudah bisa memantul terus menerus dan tidak keluar layar.

Membuat Objek Paddle dan Bata

  1. Untuk melengkapi permainan, buat dua objek Sprite lain bernama Paddle dan Bata. Kita bisa menggunakan cara yang sama dengan sebelumnya untuk membuat objek Sprite.
  2. Tambahkan behavior Solid ke dua objek tersebut, karena kita ingin bola juga memantul terhadap kedua objek ini.
  3. Buat event yang sama dengan sebelumnya untuk membuat bola memantul terhadap paddle dan bata. Lihat gambar untuk event akhirnya.

Menggerakkan Paddle

  1. Tambahkan satu behavior lagi untuk Paddle, yaitu 8Direction. Behavior ini membuat objek Paddle akan bisa bergerak jika kita menekan tombol panah di keyboard.
  2. Pada tabel properti bagian behavior 8Direction, ubah pengaturan Directions menjadi ‘Left & Right’, lalu pengaturan Set angle menjadi ‘No’. Dua hal ini akan membuat paddle hanya bisa bergerak ke kanan dan kiri dan gambarnya tidak akan berputar-putar.

152 - event pantulan bola

Pada tutorial berikutnya kita akan membuat interaksi bola terhadap Bata dan perhitungan skor.


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?




Tags: ,


About the Author



Back to Top ↑