Article g62-hasil-game

Published on September 28th, 2013 | by Aditia Dwiperdana

0

Membuat layar game over dalam game

Pada artikel kali ini kita akan membuat event pemain kalah dan membuat layar game over. Hal baru yang akan kita pelajari adalah tentang layout dan cara untuk pindah dari satu layout ke layout lain.

Layout adalah tempat kita menyimpan berbagai objek dalam permainan. Layout yang berbeda digunakan untuk menyimpan konfigurasi objek yang perbedaannya banyak, contohnya untuk level yang berbeda atau untuk layar yang berbeda (misalnya layar menu utama, layar permainan, layar game over, dan lain-lain).

Membuat layout baru

  1. Klik kanan di project tree lalu pilih  ”New layout”
    63-add-layout-cropped
  2. Saat ditanya apakah mau menambahkan event sheet baru, jawabnya yes. Kita akan perlu membuat event di layout gameover untuk bisa memulai game lagi.
  3. Setelah itu kita akan diminta mengisi nama layout yang baru, ganti nama layout tersebut menjadi “GameOverScreen”
  4. Buat objek text baru berisi pesan game over dan tampilkan jumlah skor terakhir pemain. Untuk panduan membuat objek gambar dan teks kamu bisa baca kembali artikel gedebuk.org/60 dan gedebuk.org/62.

Membuat syarat kekalahan pemain

Layar game over akan ditampilkan saat pemain kalah, jadi kita perlu membuat kondisi seperti apa yang membuat pemain kalah. Sebagai contoh dalam game ini pemain akan kalah jika melewatkan atau gagal menangkap bintang lebih dari 5 kali. Kita perlu menambahkan sebuah variabel dan action pada event bintang bergerak keluar layar:

  1. Buat variabel global untuk menyimpan jumlah bintang yang terlewat. Di halaman event klik kanan > add global variable. Kita beri nama BintangMissed.
  2. Tambahkan action “Add 1 to BintangMissed” pada event bintang keluar layar (yang kita buat di artikel gedebuk.org/61). System > Add to > Pilih BintangMissed dan isi value dengan 1.
    63-add1to-bintangmissed
  3. Tambahkan Sub event pada event di atas, kondisi Subevent akan diperiksa jika kondisi event sebelumnya terpenuhi. Klik kanan pada event pengecekan bintang keluar layar > Pilih “Add” > Pilih “Add sub-event”
    63-add-subevent
  4. Buat kondisi pada sub event tersebut untuk membandingkan nilai BintangMissed dengan nilai batas, misalnya 5. System > “Compare two values”
  5. Tambahkan aksi System > Go to Layout > pilih layout yang baru kita buat, GameOverScreen.
    63-event-akhir

Di artikel berikutnya kita akan membuat pemain bisa mulai bermain kembali dengan menekan tombol tertentu di layar game over.

 

 


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?





About the Author



Back to Top ↑