Game Design g55-braid

Published on June 16th, 2013 | by Aditia Dwiperdana

Membuat ide game yang menarik

Minggu lalu kita membahas tentang mencari gambar untuk game kita, tapi selain gambar, kita membutuhkan sebuah ide game yang menarik untuk game kita. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghasilkan ide game yang menarik:

  • Memulai dari game design yang sudah ada, misalnya game sidescrolling seperti Mario Bros, game puzzle seperti Zuma atau game shooting seperti Call of Duty. Dengan memulai dari game yang sudah ada, pemain akan lebih mudah mengerti dan menguasai game kita. Yang perlu diperhartikan adalah kita harus  membuat nilai tambah untuk game kita, yang bisa membuat game kita unik dan berbeda dari game referensi kita, jika tidak maka orang belum tentu mau memainkan game kita.
  • Memulai dari hal-hal di dunia nyata yang mungkin bisa dijadikan game, contohnya kegiatan rutin seorang penjual gado-gado bisa dijadikan game time management, contohnya Gado-gado Sibuk buatan Agate Studio (2010). Masih banyak sekali kegiatan atau topik yang belum pernah dijadikan game, asal kita bisa jeli memperhatikan keadaan sekitar kita.
g55-braid

Braid – game dengan fitur memundurkan waktu

  • Memulai dari teknologi yang bisa digunakan untuk game. Kita bisa membuat game dengan memanfaatkan berbagai teknologi baru seperti Augmented Reality atau Near Field Communication (NFC), atau membuat game berdasarkan suatu teknis khusus misalnya algoritma untuk merekam gerakan pemain dan memutar mundur gerakan tersebut bagaikan memundurkan waktu pada game Braid.
  • Memulai dengan desain karakter atau cerita. Dengan memiliki karakter yang kuat dari segi cerita atau dunia fantasi yang menarik, kita bisa membuat game yang menarik walaupun menggunakan gameplay yang sederhana. Banyak sekali contoh game independen yang dibuat menggunakan teknologi RPGMaker namun satu sama lain terasa sangat berbeda karena kekuatan cerita atau tema yang diangkat, misalnya game drama seperti To the Moon atau game horor seperi Ib.
  • Kita juga bisa mengkombinasikan teknik-teknik di atas untuk menghasilkan ide game yang lebih menarik lagi.
g55-ib-horror

Ib – game horror yang dibuat dengan RPGMaker

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk bisa menghasilkan ide game yang menarik:

  • Perbanyak referensi atau kamus desain game yang kamu miliki dengan banyak-banyak main game. Tapi jangan sekedar bermain untuk bersenang-senang, sambil bermain kita harus pelajari apa saja yang membuat game tersebut menarik untuk dimainkan, dan apa yang bisa kita pelajari dan terapkan untuk game kita. Lalu jangan membatasi diri dengan memainkan game dengan jenis tertentu saja, walaupun itu merupakan jenis game yang kita sukai. Misalnya kita harus mencoba game jenis puzzle atau strategi (RTS) walaupun kita paling suka jenis game RPG, karena sekarang sudah banyak sekali game-game RPG yang memasukkan elemen-elemen puzzle dan RTS.
  • Perbanyak pengalaman membuat game, jangan takut untuk bereksperimen dengan suatu ide game. Makin banyak game yang kita buat, kita akan bisa mengetahui mana saja ide atau fitur game yang menarik dan mana yang tidak. Bahkan game terkenal seperti Portal buatan Valve pun awalnya merupakan game tugas akhir di DigiPen berjudul Narbacular Drop.

Artikel ini bisa diakses di http://bit.ly/gedebuk55. Kalau kamu merasa punya ide game yang menarik coba kirim ke design@gedebuk.org, game design paling menarik akan dibuat dalam seri tutorial berikutnya!


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?





About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑