Construct2 91 - karakter bergerak

Published on April 6th, 2014 | by Aditia Dwiperdana

0

Membuat game ular tangga – bagian 2

Membuat karakter ‘bergeser’ ke petak lain

Pada artikel ini kita akan menambahkan karakter untuk game kita. Nantinya karakter ini akan bergerak otomatis sesuai urutan pemain dalam ular tangga.

Menambahkan karakter

Cara menambahkan sprite karakter sudah dibahas beberapa kali di artikel sebelumnya. Silakan buka artikel minggu lalu atau lihat di http://gedebuk.org/90.

Fungsi pergerakan karakter

Untuk memindahkan karater kita dari satu petak ke petak lain kita bisa mengubah posisi X dan Y sprite karakter (lihat contoh pada gambar), tapi hal tersebut akan membuat karakter kita menghilang dan langsung muncul ke petak tujuan.

91 - event karakter teleport

Tapi untuk membuat game ini terasa seperti kalau kita memainkan ular tangga fisik, kita perlu ‘menggeser’ karakter kita saat berpindah ke petak lain. Untuk mencapai efek seperti itu kita perlu membuat sebuah fungsi yang akan menggerakkan karakter kita mendekati tujuan dalam setiap frame. Fungsi akan berhenti ‘menggeser’ karakter ketika posisi karakter sudah sama dengan posisi tujuan.

Logika dari fungsi yang kita buat adalah sebagai berikut:

  1. Diketahui titik yang ingin dituju (dari parameter fungsi)
  2. Jika posisi pemain di sebelah kanan target, geser karakter ke kiri
  3. Jika posisi pemain di sebelah kiri target, geser karakter ke kanan
  4. Jika posisi pemain di bawah target, geser karakter ke atas
  5. Jika posisi pemain di atas target, geser karakter ke bawah

91 - karakter bergerak

Membuat event fungsi

  1. Untuk membuat fungsi ini pastikan kita sudah membuat objek Function. Klik kanan pada layout > Insert new object > Function.
  2. Karena nanti kita akan menguji menggunakan mouse, tambahkan juga objek mouse, klik kanan layout > Insert new object > Mouse.
  3. Pindah ke halaman event, buat beberapa variabel global, klik kanan di halaman event > Add global variable > tulis nama variabel “targetx”. Lakukan hal yang sama untuk membuat variabel “targety”, “tujuanx”, dan “tujuany”. Variabel-variabel ini akan kita gunakan dalam fungsi.
  4.  Add event > Function > On function > tulis nama fungsi “bergerak-ke”. Karena kita perlu mengolah parameter input dari fungsi, add action > System > Set value > set targetx dengan “Function.Param(0)” (perlu kita ketik, tanpa tanda petik). Action ini akan menyimpan paramter pertama (yang memiliki indeks nol) ke targetx.
  5. Tambahkan juga aksi untuk menyimpan targety, add action > System > Set value > set targety dengan “Function.Param(1)”.
  6. Buat beberapa subevent (tekan tombol S setelah klik event ‘On “bergerak-ke”‘) untuk menggeser karakter. System > Compare two values > field pertama isi dengan Pemain.X-targetx, “Greater than”, field terakhir biarkan nol. Add action > Pemain > Set X > isi dengan Pemain.X -1. Event dan aksi ini akan ‘menggeser’ karakter ke kiri satu pixel jika berada di kanan target.
  7. Buat event yang serupa dengan langkah 6 tapi untuk tiga logika pergeseran yang lain. Jika selesai akan terlihat seperti event di gambar.

91 - event fungsi bergerak

Memanggil fungsi “bergerak-ke”

  1. Add event > System > Every tick. Add action > Function > Call function > tulis nama fungsi kita “bergerak-ke”, lalu tambahkan dua parameter (klik tulisan “add parameter”), dan isi dengan “tujuanx” dan “tujuany”. Event ini akan membuat karakter kita bergerak beberapa pixel di setiap frame sehingga terlihat bergeser ke petak tujuan.
  2. Untuk menentukkan tujuan karakter, kita bisa gunakan mouse, add event > Mouse > On object clicked > pilih objek Kotak dari artikel sebelumnya. Pada bagian aksi, add action > System > Set value > pilih tujuanx dan isi nilai “Kotak.X”. Tambahkan juga untuk tujuany, hasil akhirnya bisa dilihat pada gambar.

91 - event every tick

Jalankan game kamu dan klik salah satu petak yang ada untuk melihat pergerakan karakter. Jika ada pertanyaan atau permintaan tutorial, kirim email ke contact at gedebuk dot org.


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?





About the Author



Back to Top ↑