Construct2 84 - hasil

Published on March 6th, 2014 | by Aditia Dwiperdana

0

Membuat game seperti Flappy Bird

Beberapa minggu belakangan ini ada sebuah mobile game yang menjadi fenomena yang berjudul Flappy Bird. Game tersebut adalah game yang sederhana namun bisa menarik perhatian banyak orang karena cara bermainnya mudah namun cukup sulit untuk mendapatkan skor yang tinggi. Salah satu faktor yang membuat Flappy Birds terkenal adalah karena orang-orang saling bersaing mendapatkan skor tertinggi dengan teman-temannya.

Flappy Bird dibuat oleh Dong Nguyen, seorang developer asal Hanoi, Vietnam, dalam dua sampai tiga hari. Karena tidak menyangka game buatannya ini akan sukses, ketika Flappy Bird menjadi game yang dibicarakan semua media, Dong Nyuyen merasa tidak nyaman dan akhirnya menarik Flappy Bird dari appstore. Sejak saat itu banyak clone/tiruan game Flappy Bird di berbagai appstore, bahkan ada event bernama FlappyJam, event membuat game sebagai persembahan untuk Dong Nyuyen dan Flappy Bird.

Membuat game seperti Flappy Bird sebenarnya memang tidak terlalu sulit (terbukti dengan banyaknya tiruan game tersebut di appstore). Ada beberapa komponen yang perlu kita buat:

  1. Membuat penghalang seperti pipa bergerak ke kiri, dan muncul kembali dari sisi kanan layar
  2. Membuat karakter kita bergerak turun secara berkala dan bergerak ke atas saat kita menekan layar atau tombol lain
  3. Membuat perhitungan skor dan status game over (saat menabrak pipa, game akan berhenti, tidak langsung mengulang dari awal)

Masukkan karakter dan penghalang

  1. Buatlah project baru di Construct 2. Pilih menu di kiri atas, pilih New > New empty project.
  2. Klik kanan di layout > Insert new object > Sprite. Load gambar karakter kita (kamu bisa pakai gambar apa saja yang kamu punya).
  3. Klik kanan lagi di layout > Insert new object > Sprite. Load gambar penghalang kita, sebaiknya berupa pipa atau semacamnya. Kita perlu copy paste objek penghalang ini agar muncul di beberapa tempat secara berurutan (lihat gambar).

84 - layout

Membuat pergerakan dalam game

  1. Walaupun seakan karakter burung dalam Flappy Bird bergerak ke kanan, yang sebenarnya terjadi adalah pipa-pipa dan gambar latar belakang yang bergerak ke kiri. Karakter hanya bergerak ke atas dan bawah.
  2. Pada event sheet, buat event baru, System > Every tick. Lalu buat sub event dengan menekan tombol S pada keyboard atau klik kanan, Add > Add sub event.
  3. Pada sub event, pilih For each > pilih objek Penghalang. Buat action Penghalang > Move at angle > Isi angle 180 (arah kiri) distance 3. Ini akan membuat penghalang bergerak ke kiri.
  4. Untuk membuat penghalang muncul kembali dari sisi kanan layar, buat sub event pada for each tadi, System > Compare two values > untuk nilai pertama pilih objek Penghalang >BBoxRight, pilih Less than, dan nilai kedua isi dengan 0. Ini kita gunakan untuk memeriksa jika penghalang melewati ujung layar sebelah kiri.
  5. Tambahkan action, Penghalang > Move at angle > angle diisi 0 (arah kanan), nilai diisi “WindowWidth + Penghalang.Width” (tanpa tanda petik). Ini akan membuat Penghalang muncul dari sisi luar layar sebelah kanan.
  6. Untuk membuat posisi vertikal objek berubah-ubah, buat action baru, Penghalang > Set Y > “floor(random(370,,550))” (tanpa tanda petik). Ini akan membuat posisi objek penghalang antara kedua nilai yang dimasukkan (bisa kamu sesuaikan dengan gambar yang kamu gunakan).

84 - event

Jika kita jalankan, kita sudah membuat penghalang yang bergerak dan berubah ketinggian, namun karakter kita masih diam di satu tempat. Pada artikel berikutnya kita akan melengkapi game kita dengan pergerakan karakter dan perhitungan skor.


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?





About the Author



Back to Top ↑