Construct2 86-penyusunan objek

Published on March 8th, 2014 | by Aditia Dwiperdana

0

Membuat game seperti Flappy Bird bagian 3

Pada artikel ini kita akan melengkapi game kita dengan latar belakang, agar terlihat lebih dinamis. Jika kamu membaca beberapa artikel sebelumnya, kita pernah membahas tentang layer dan paralax. Kita akan menggunakan fitur-fitur tersebut, dengan sedikit penyesuaian.

Membuat layer untuk objek latar belakang

Fitur layer membuat kita bisa memisahkan beberapa objek ke dalam ‘lapisan’ yang berbeda, dalam kasus kita kali ini, kita akan membedakan objek-objek latar belakang dengan objek permainan. Hal ini ditujukan untuk mempermudah proses peletakan objek di masing-masing ‘lapisan’ tersebut, karena kita dapat dengan mudah menyembunyikan atau mengunci objek-objek tertentu yang tidak ingin kita ganggu gugat selama pengaturan peletakan objek dalam layout.

  1. Buat layer baru dengan klik kanan layer saat ini (kemungkinan besar bernama Layer 0), pilih “Add layer on bottom”. Hal ini akan membuat sebuah layer baru di bawah layer kita sebelumnya.

86-kotak layer

  1. Kita bisa menyembunyikan layer sebelumnya dengan menghilangkan centang sebelum nama Layer 0. Tapi karena kita ingin membuat peletakan objek pada layer latar belakang tetap sesuai dengan layer sebelumnya, jadi kita cukup klik lambang gembok di bagian atas jendela layer. Hal ini akan mencegah kita secara tidak sengaja menggeser objek dari layer yang salah.
  2. Pastikan layer yang aktif sebelum kita mulai menambahkan objek (ditunjukkan dengan warna penunjuk pada baris nama layer yang bersangkutan).

Menyusun objek latar belakang

Akan ada dua jenis objek yang akan digunakan sebagai contoh latar belakang game kita. Yang pertama adalah objek awan, usahakan untuk menyediakan beberapa bentuk yang berbeda agar tidak terlalu monoton bagi pemain. Objek kedua adalah bukit-bukit yang kita buat seakan berada diantara langit dan awan dengan pemain dan penghalang.

  1. Untuk menambahkan objek baru, klik kanan pada layout, pilih “Insert new object” > Sprite. Lalu pada editor pilih Load > pilih gambar yang akan kita gunakan. Untuk menambahkan gambar variasi untuk suatu objek, klik kanan pada jendela Animation Frames > Import Frames > lalu pilih semua gambar yang akan kita load.
    86-import frame
  2. Karena kita menggunakan fitur animation frame bukan untuk animasi melainkan untuk menyimpan variasi sprite, kita perlu ganti speed pada animation properties sprite yang bersangkutan menjadi nol dan initial frame pada objek yang bersangkutan menjadi nomor yang sesuai.
    86 - initial frame
  3. Atur peletakan objek agar terlihat bagus dengan objek lain dalam game kita.

86-penyusunan objek

Membuat Efek Paralax

Paralax adalah fitur yang mengatur kecepatan gerak suatu layer terhadap gerakan pemain, untuk memberikan kesan atau ilusi tiga dimensi pada suatu tampilan dua dimensi. Fitur ini tidak bisa kita gunakan dalam game kita karena pada kasus ini, pemain tidak bergerak ke kanan atau ke kiri, hanya atas atau bawah. Oleh karena itu semua objek lain dalam layout akan bergerak berlawanan dengan ‘arah gerak’ pemain, sehingga kita perlu membuat objek-objek lain tersebut bergerak dalam beberapa kecepatan yang berbeda seperti pada sebuah efek paralax.

  1. Kita akan membuat efek paralax dengan menggunakan logika yang sama dengan yang kita gunakan untuk menggerakkan penghalang dalam artikel bagian pertama. Pada event “Every tick” buat sub-event dengan tombol S > System > For each > pilih objek awan atau bukit. Awan kita buat bergerak ke kiri dengan kecepatan 1 (penghalang bergerak dengan kecepatan 3 karena paling dekat dengan layar), Add action > Awan > Move at angle > 1 pixel at angle 180 (arah kiri).
  2. Agar awan kita muncul kembali di sisi kanan layar, tambahkan sub-event (tombol S) untuk memeriksa jika awan keluar layar, System > Compare two values > nilai pertama diisi dengan Awan.BBoxRight, pembandingnya adalah Less or equal, dan nilai kedua adalah 0. Add action > Awan > Move at angle > isi jarak dengan WindowWidth + Awan.Width, angle diisi 0 (arah kanan).
  3. Kita bisa buat event yang sama agar awan muncul di ketinggian yang acak. Lalu untuk bukit salju kita buat event yang sama, tapi dengan kecepatan 2.

86-event-paralax


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?





About the Author



Back to Top ↑