Construct2 84 - hasil

Published on March 7th, 2014 | by Aditia Dwiperdana

0

Membuat game seperti Flappy Bird bagian 2

Pada tutorial minggu lalu kita sudah bisa membuat halangan yang bergerak terus menerus dan berubah ketinggian secara acak. Kali ini kita akan membuat karakter kita bergerak sesuai gravitasi dan menggunakan input mouse untuk menggerakkan pemain ke atas.

Pergerakan karakter

  • Agar pergerakan karakter kita terlihat lebih natural, kita perlu menggunakan fitur Physics pada Construct 2. Pada tampilan layout, pilih objek karakter dan tambahkan behavior Physics pada tabel properti di sebelah kiri. Lalu ubah nilai linear damping menjadi 0.5, hal ini dilakukan agar gerakan karakter tidak terlalu ‘licin’ dan terlihat dipengaruhi hambatan udara.
    85 - behavior pemain
  • Jika kita jalankan sekarang karakter kita akan langsung bergerak ke bawah seakan jatuh. Untuk membuat pemain ‘melompat’ kita perlu tambahkan input. Kita perlu tambahkan objek Mouse ke layout, klik kanan layout> Insert new object > Mouse.
  • Buat event baru > Mouse > on any click. Lalu buat action, Add action > Pemain > Apply impulse at angle, isi nilai impulse 5 dan nilai angle 270 (arah atas).

85 -  event akhir 2

Kondisi game over

  • Game akan berakhir saat pemain menabrak penghalang atau jatuh ke tanah. Pada game ini kita akan menghentikan game saat game over, pemain dan penghalang tidak lagi bergerak. Untuk itu kita perlu buat satu variabel global bernama “gameover”, klik kanan di event sheet lalu “Add global variable” dan beri nama yang sesuai.
  • Untuk membuat Penghalang tidak bergerak kita perlu tambahkan kondisi di event “Every tick”. Pilih event tersebut, lalu tekan tombol C di keyboard (shortcut untuk menambahkan kondisi), pilih System > Compare two values > nilai pertama adalah variabel gameover, dan nilai kedua adalah 0. Kondisi tersebut akan membuat event hanya akan berjalan selama variabel gameover bernilai 0.
  • Untuk mengecek pemain bertabrakan dengan penghalang, buat event baru: Add event > Pemain > On collision with another object > pilih objek Penghalang. Add action > System > Set value > pilih variabel gameover, isi dengan nilai 1. Hal ini akan membuat penghalang berhenti bergerak.
  • Jika kita jalankan sekarang, saat game over pemain akan tetap bergerak karena objek Physics diatur oleh bagian kode yang berbeda. Untuk menghentikan karakter, tambahkan satu event saat tabrakan, Add action > System > Set time scale > ganti nilainya menjadi 0. Ini akan ‘menghentikan waktu’ dalam game sehingga objek Physics dapat berhenti bergerak.
  • Untuk membuat gameover saat pemain menyentuh lantai, buat event, Add event > System > Compare two values > isi nilai pertama dengan Pemain.BBoxBottom, jenis perbandingan “Equal or greater”, isi nilai kedua dengan WindowHeight.

Membuat skor

  • Untuk mencatat skor kita perlu membuat variabel baru, Klik kanan pada event sheet > Add global variable, beri nama “skor”.
  • Agar lebih mudah kita bisa masukkan penambahan skor pada event penghalang keluar dari layar, tambahkan action, Add action > System > Add to > pilih skor dan isi nilai 1.
  • Untuk melihat skor kita saat bermain kita perlu tambahkan sebuah objek teks, klik kanan di layout > Insert new object > Text. Lalu tambahkan satu aksi pada event “Every tick”, Add action > Text > Set text > isi dengan ["Skor: "&skor] tanpa tanda kurung siku.

85 -  event akhir 1


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?





About the Author



Back to Top ↑