Article 65 - contoh level pertama - small

Published on September 29th, 2013 | by Aditia Dwiperdana

1

Membuat Game Platformer

Setelah membuat game ketangkasan menangkap bintang, kali ini kita akan membuat game platformer di Construct 2. Contoh game platformer yang terkenal diantaranya Super Mario Bros, Megaman, dan Braid. Di artikel ini kita akan membuat fitur dasar game platformer dan membuat level pertama game kita. Semua gambar yang kita gunakan dalam game ini adalah asset gratis dari Kenney, bisa kamu dapat di http://kenney.nl/assets.

Membuat karakter utama

  1. Buat project baru, klik kanan pada area kosong di layout > Insert New Object > Sprite
  2. Pada window edit image, pilih Load Image from a file lalu pilih gambar karakter p1_front.png atau file gambar buatan kamu sendiri.
    65 - karakter
  3. Behavior utama untuk karakter game platformer adalah “Platform” dan “ScrollTo”. Kita bisa tambahkan kedua behavior itu pada kotak properties sebelah kiri, klik tulisan biru “Behaviors” > tekan tombol “+” > piiih “Platform” dan lakukan lagi tapi pilih “ScrollTo”. Behavior Platform akan membuat sprite karakter kita bisa bergerak dengan tombol panah di keyboard, dan bisa berdiri di atas platform (akan kita tambahkan nanti). Behavior Scroll To akan membuat tampilan game fokus ke karakter, sehingga jika karakter kita gerakkan ke kanan, tampilan game akan ‘mengikuti’ karakter kita tersebut.
    65 - behavior karakter utama

Membuat platform untuk pijakan pemain

  1. Ada dua jenis platform yang umum ditemui di game platformer, yaitu platform solid yang tidak bisa ditembus dari atas atau bawah, dan platform ‘tembus’ yang tidak bisa ditembus dari atas (pemain bisa berpijak di platform ini), tapi bisa ditembus dari bawah (sehingga bisa digunakan untuk mencapai platform yang lebih tinggi). Implementasi kedua jenis platform tersebut disediakan Construct dalam bentuk Behavior, “Solid” dan “Jumpthru”.
  2. Untuk jenis platform pertama, buat sprite baru dengan gambar yang tebal seperti grassMid.png pada Kenney platformer asset pack. Setelah itu beri behavior “Solid” dengan cara yang sama seperti langkah 3 pembuatan karakter.
    65 - behavior solid
  3. Untuk jenis platform kedua, sebaiknya kita menggunakan gambar yang lebih tipis dari platform Solid, misalnya grassHalfMid.png, atau kamu bisa saja membuat gambar platform kamu sendiri. Setelah itu tambahkan behavior “Jumpthru”.
    65 - menambahkan behavior jumpthru
  4. Saat ini kamu hanya memiliki satu petak dari masing-masing platform. Untuk memperbanyak setiap objek yang sudah kamu buat kamu bisa menggunakan fitur drag copy, dengan cara menahan tombol Control (atau Ctrl) pada keyboard, lalu klik dan geser objek yang ingin kamu perbanyak.
  5. Silakan bereksperimen membuat berbagai kombinasi dari platform yang ada, lalu kamu bisa coba langung mainkan level ini dengan tombol Run di kiri atas window Construct.
    65 - contoh level pertama

Video tutorial:

 


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?





About the Author



Back to Top ↑