Construct2 80 - menggunakan return value

Published on February 1st, 2014 | by Aditia Dwiperdana

0

Membuat fungsi yang menghasilkan nilai output

Fungsi tidak hanya dipakai untuk mengelompokkan aksi, namun bisa juga digunakan sebagai bagian dari pengolahan data atau logika dalam game. Fungsi yang bertugas mengolah data/logika akan memiliki nilai input dalam bentuk parameter (sudah kita bahas minggu lalu), dan memiliki nilai output yang akan bisa digunakan untuk proses lain. Fungsi dengan output biasanya digunakan untuk perhitungan yang sering dilakukan atau dilakukan di berbagai bagian dalam game.

Membuat fungsi dengan output

Cara membuat fungsi yang memiliki output kurang lebih sama dengan membuat fungsi:

  1. Pastikan project kita sudah memiliki objek Fuction. Jika belum, klik kanan di area layout > Insert new object > Function.
  2. Buat event baru untuk fungsi kita, Add event > Function > On function > masukkan nama fungsi, pastikan nama fungsi yang kita masukkan sesuai dengan kegunaan atau proses dalam fungsi yang bersangkutan.
  3. Untuk menambah output, Add action > Function > Set return value > masukkan nilai yang akan dihasilkan fungsi ini. Perlu diingat sebuah fungsi hanya akan mengembalikan satu nilai, jika kita membuat aksi “Set return value” beberapa kali dalam satu fungsi, nilai yang akan dihasilkan fungsi adalah nilai dari aksi “Set return value” yang terakhir.

Menggunakan nilai dari sebuah fungsi

Kita bisa memanggil suatu fungsi di bagian lain dalam game dengan dua cara:

  1. Jika kita perlu menggunakan fungsi tersebut dalam event yang berbeda, kita perlu membuat aksi seperti pada artikel sebelumnya. Add action > Function > Call function > masukkan nama fungsi. Nilai yang dihasilkan oleh fungsi akan diabaikan karena tidak kita simpan atau gunakan untuk hal lain.
  2. Jika kita ingin menggunakan nilai tersebut untuk mengisi nilai suatu variabel (yang biasanya kita tulis manual dengan keyboard), kita perlu menulis sedikit kode untuk memanggil suatufungsi.
    • Saat kita akan mengisi suatu kotak isian nilai, kita bisa tulis [Function.Call("namafungsi",p1,p2)] tanpa kurung siku. p1, p2, dan seterusnya adalah parameter fungsi yang bersangkutan, kita bisa memanggil fungsi dengan namanya saja jika memang fungsi tersebut tidak memerlukan parameter input.
    • Selain aksi dalam fungsi akan dilakukan, nilai yang dihasilkan oleh fungsi tersebut akan disimpan pada variabel yang bersangkutan.

Contoh penggunaan nilai output fungsi:

80 - contoh event

  • Misalnya kita ingin membuat fungsi untuk memunculkan musuh secara acak di layar, kita buat beberapa fungsi (lihat pada gambar): randomX, randomY, dan createEnemy. RandomX dan randomY adalah fungsi yang memiliki nilai output yang digunakan di fungsi createEnemy.
  • Isi fungsi randomX dan randomY adalah fitur untuk menghasilkan angka acak antara dua nilai yang kita masukkan sebagai parameter.
    80 - mengisi return value

Nilai output dari kedua fungsi random tersebut kita masukkan ke dalam aksi create object.

80 - menggunakan return value


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?





About the Author



Back to Top ↑