Construct2 breakout-tutorial-cover

Published on May 13th, 2016 | by Aditia Dwiperdana

0

Membuat fitur save dan load #2 (Tutorial Breakout bagian 6)

Pada artikel sebelumnya kita sudah bisa menyimpan informasi level dan skor ke LocalStorage, kali ini kita akan membuat fungsi untuk mengambil data tersebut dan kita gunakan untuk memodifikasi layar pemilihan level.

155 - level menu

Fungsi load

Kita perlu mengambil data dari LocalStorage saat permainan dimulai, tapi sebelumnya kita perlu memeriksa apakah data yang bersangkutan sudah ada di LocalStorage. Jika data tersebut tidak ditemukan, artinya ini adalah pertama kalinya permainan dijalankan dan kita perlu menyimpan data awal.

  1. Buat event baru, Add event ¬†> Function > On function > beri nama fungsi ‘LoadData’.
  2. Buat aksi untuk memeriksa variabel level dan skor. Add action > LocalStorage > Check item exists > isi dengan nama variabel ‘highestLevel’. Buat aksi yang sama untuk variabel ‘highscore’. Dua aksi tersebut akan memanggil fungsi bawaan dari LocalStorage, yang akan menjalankan event ‘On item exists’ dan ‘On item missing’.¬†Kita perlu membuat event baru untuk kedua kondisi tersebut.
  3. Add event > LocalStrorage > On item exists > tulis ‘highestLevel’. Add action > LocalStorage > Get item > tulis ‘highestLevel’. Jika data highestLevel ditemukan di LocalStorage kita cukup mengambil data tersebut.
  4. Add event > LocalStorage > On item missing > tulis ‘highestLevel’. Add action > LocalStorage > Set item > tulis ‘highestLevel’ dan isi dengan highestLevel. Jika data tidak ditemukan kita perlu menyimpan data baru sesuai dengan variabel highestLevel, yang saat ini diisi oleh nilai awal yaitu 0.
  5. Buat event yang sama dengan event 3 dan 4 untuk variabel ‘highscore’.

157 - fungsi load

Pemanggilan fungsi load dan save

Kita perlu memanggil fungsi save saat pemain kehabisan bola dan harus mengulang level. Ini kita lakukan agar kita bisa menyimpan skor dan level terakhir yang sudah dicapai pemain. Sedangkan fungsi load perlu kita panggil di awal permainan, yaitu saat layar menu ditampilkan.

  1. Pilih subevent yang berisi pengecekan sisa bola kurang dari 0 (lihat gambar). Buat aksi baru, add action > Function > Call function > tulis nama fungsi ‘SaveData’. Aksi tersebut akan memanggil fungsi SaveData yang kita buat di artikel sebelumnya.
  2. Buka ‘Event sheet 2′ yang berisi event untuk layar pemilihan level. Add event > System > On start of layout. Add action > Function > Call function > isi dengan nama fungsi ‘LoadData’.

157 - pemanggilan fungsi save

Mengunci level

Untuk mengunci level yang belum bisa dimainkan pemain kita perlu membandingkan level yang dipilih pemain dengan level tertinggi yang pernah dicapai pemain.

  1. Modifikasi fungsi pemilihan level dengan sebuah subevent (tekan S) > System > Compare two values > isi nilai pertama dengan ‘int(textLevel.Text)’, pilih ‘less than equal’, isi nilai kedua dengan ‘highestLevel +1′. Kondisi ini akan membuat pemain hanya bisa memilih satu level lebih tinggi dari yang sudah dia selesaikkan. Di awal permainan hanya level 1 yang bisa dimainkan karena highestLevel bernilai nol.
  2. Pindahkan aksi dari On touch teksLevel ke event pada langkah 1. (lihat gambar)
  3. Perlu diperhatikan bahwa tidak ada perubahan tampilan antara tampilan tombol level yang sudah terbuka atau belum. Jika ingin membuat tampilan seperti itu, kita perlu membuat tombol-tombol level tersebut secara dinamis.

157 - event pemilihan level


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?




Tags: ,


About the Author



Back to Top ↑