Construct2 breakout-tutorial-cover

Published on May 9th, 2016 | by Aditia Dwiperdana

0

Membuat bata menghilang (Tutorial Breakout bagian 2)

Setelah membuat objek-objek dasar dalam permainan Breakout, pada tutorial ini kita akan melengkapi interaksi antara bola dan bata. Sebuah bata yang terkena bola akan menghilang, dan saat semua bata di layar sudah menghilang maka permainan akan berakhir. Bata dalam permainan yang kita buat akan memiliki beberapa tingkat yang dibedakan berdasarkan warna. Tingkat tersebut akan menentukan berapa kali bola perlu menabrak bata yang bersangkutan sampai bisa menghilang dari layar. Pemain akan mendapatkan skor setiap kali bola menabrak bata, dan skor lebih besar saat berhasil menghilangkan bata.

153 - sebelum

153 - sesudah

Membuat variabel, teks, dan fungsi

  1. Buat variabel bernama Skor untuk menyimpan skor pemain. Klik kanan pada event sheet > Add global variable > beri nama Skor, pilih jenis Number, dan isi dengan nilai awal nol.
  2. Pindah ke layout editor, buat sebuah  objek teks untuk menampilkan skor pemain. Klik kanan > Insert new object > Text > beri nama misalnya TeksSkor. Atur ukuran dan jenis tulisan di tabel properti sebelah kiri layar, lalu tempatkan teks tersebut pada posisi yang diinginkan.
  3. Buat objek Fungsi agar kita bisa menggunakan fitur fungsi. Klik kanan pada layout editor > Insert new object > pilih Function. Objek ini cukup dibuat satu saja dalam satu buah permainan.
  4. Buat event baru, Add event > Function > On function > beri nama fungsi ‘AddScore’. Add action > System > Add to > pilih variabel Skor, isi nilai dengan ‘Function.Param(0)’ tanpa tanda petik. Tambahkan action kedua, Add action > TeksSkor > Set teks > isi dengan ["Skor: "&Skor] tanpa tanda kurung siku.
  5. Penambahan skor dibuat menjadi sebuah fungsi untuk memudahkan kita jika ingin membuat modifikasi terhadap perhitungan skor, misalnya membuat bonus skor dua atau tiga kali lipat.

Membuat bata punya beberapa frame

  1. Kita akan menggunakan frame animasi dari objek Sprite Bata untuk menyimpan beberapa warna bata yang berbeda. Klik ganda pada objek bata untuk memunculkan image editor, lalu lihat pop-up Animation frames.
  2. Klik kanan di area kosong pada Animation frames, lalu pilih Import frames > From files… Lalu pilih gambar bata dengan warna berbeda sesuai keinginan kamu. Hasil akhirnya akan seperti pada gambar.
  3. Jangan lupa untuk mematikan animasi pada objek Bata dengan mengubah Speed di tabel properti animasii menjadi nol.

153 - warna frame bata

Membuat bata menghilang saat ditabrak di frame terakhir

  1. Untuk membuat bata berubah warna setiap terkena bola kita perlu mengubah nilai frame animasi menjadi frame sebelumnya (nilainya lebih kecil). Ketika sebuah bata mencapai nilai frame lebih kecil dari nol artinya bata tersebut perlu kita hilangkan.
  2. Pilih event bola bertabrakan dengan bata yang kita buat di tutorial sebelumnya. Tambahkan aksi baru, Add action > Bata > Set frame > isi dengan ‘Bata.AnimationFrame – 1′ tanpa tanda petik. Aksi ini akan mengubah frame animasi menjadi frame sebelumnya.
  3. Tambahkan aksi untuk menambahkan skor setiap bola mengenai bata, Add action > Function > Call function > tulis nama fungsi AddScore, lalu klik add parameter dan isi parameter 0 dengan nilai 1.
  4. Buat subevent (tekan S) > Bata > Compare frame > pilih ‘Less of equal’ lalu isi dengan nilai nol. Subevent ini akan dijalankan saat nilai frame sebuah bata menjadi nol atau lebih kecil.
  5. Buat aksi untuk menghilangkan bata dan menambah skor. Add action > Bata > Destroy. Add action > Function > Call function > ‘AddScore’, klik Add parameter dan isi dengan 20.

153 - event bata akhir

Pada tutorial berikutnya kita akan menambahkan kondisi menang dan kalahnya pemain.


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?




Tags: ,


About the Author



Back to Top ↑