Construct2 breakout-tutorial-cover

Published on May 11th, 2016 | by Aditia Dwiperdana

0

Melanjutkan ke level berikutnya (Tutorial Breakout bagian 4)

Di artikel sebelumnya kita sudah membuat beberapa level tambahan yang bisa dimainkan pemain. Sekarang kita perlu menambahkan event untuk membuat pemain berpindah ke level berikutnya setelah semua bata hilang dari layar.

Berpindah level

Kita akan memanfaatkan event yang sudah kita buat sebelumnya, yaitu event untuk mendeteksi jumlah sisa bata berkurang hingga nol.

  1. Buat variabel untuk menyimpan level pemain saat ini. Klik kanan pada area kosong di event sheet, Add global variable > pilih jenis number, isi dengan nilai 1 dan beri nama ‘level’.
  2. Ganti aksi ‘Set time scale’ karena kita tidak akan menghentikan game, namun hanya menghentikan objek bola untuk memberi waktu untuk transisi ke level berikutnya. Hapus aksi tersebut lalu buat aksi baru, Add action > Bola > Set enabled > pilih ‘Disabled’.
  3. Tambahkan event untuk jeda 1 detik, Add action > System > Wait > isi dengan waktu jeda yang diinginkan, misalnya 1 detik.
  4. Tambahkan variabel level dengan 1, ini akan kita gunakan untuk penanda level berikutnya. Add action > System > Add to > pilih variabel ‘level’ dari langkah 1, isi dengan nilai penambah 1.
  5. Buat aksi untuk berpindah ke layout dengan nama tertentu, Add action > System > Go to layout (by name) > isi dengan teks berikut tanpa tanda kurung siku ["Layout "&level]. Pastikan kamu menulis spasi sebelum tanda petik kedua agar bisa sesuai dengan pola penamaan layout dalam game kita.

155 - event next level

Membuat menu pemilihan level

Karena kita sudah memiliki beberapa level yang dapat dimainkan, kita perlu membuat cara untuk pemain memilih level, agar mereka bisa memainkan level yang baru tanpa harus mengulang dari awal lagi. Hasil akhir menu level bisa dilihat pada gambar. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat layar menu level ini:

  1. Kita perlu membuat layout baru dengan nama Menu dan yang memiliki event sheet bernama “Event sheet 2″. Jangan lupa untuk membuat layout ini menjadi layout pertama (First layout) pada properti project.
  2. Gambar latar belakang bisa dibuat menggunakan sebuah objek Sprite atau TiledBackground. Contoh ini menggunakan Tiled Background agar kualitas gambar tetap tajam walau objek yang bersangkutan harus kita perbesar untuk memenuhi layar.
  3. Latar belakang tombol merupakan objek 9-patch, dengan tujuan yang sama dengan TiledBackground, yaitu agar gambar tetap tajam walau ukuran tombol diperbesar atau diperkecil  (tergantung jumlah level dalam permainan kita).
  4. Di depan setiap gambar tombol tersebut kita buat objek teks untuk menampilkan nomor level yang bersangkutan. Semua objek teks tersebut adalah objek yang sama (dengan nama teksLevel), namun memiliki properti teks yang berbeda.
  5. Interaksi dengan menu akan menggunakan Mouse, jika ingin membuat menu yang sama untuk platform mobile, kita perlu menggunakan objek Touch. Objek Mouse tersebut akan kita gunakan untuk mendeteksi ketika pemain mengklik sebuah teks level, lalu menjalankan level yang bersangkutan.

155 - level menu

Untuk menjalankan level ketika pemain mengklik pada tombol level yang bersangkutan kita perlu membuat aksi yang kurang lebih sama dengan langkah 5 pada bagian pertama tutorial ini.

  1. Buat event baru pada Event sheet 2, Add event > Mouse > On objek clicked > pilih opsi Left, pilih opsi Clicked, lalu pilih objek teksLabel.
  2. Tambahkan aksi baru, Add action > System > Go to layout (by name) > Isi dengan teks berikut, tanpa tanda siku ["Layout "&teksLevel.Text]. Kali ini kita menggunakan nomor level sesuai dengn teks pada objek teks yang diklik oleh pemain.

155 - event menu

Pada artikel berikutnya kita akan menyimpan data pemain seperti skor atau level yang sudah terbuka.


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?




Tags: ,


About the Author



Back to Top ↑