Construct2 82 - parameter for each

Published on February 2nd, 2014 | by Aditia Dwiperdana

0

Loop atau pengulangan dalam Construct 2

Loop atau pengulangan adalah suatu fitur pemrograman dasar yang biasa ditemui pada sebuah bahasa pemrograman. Pengulangan biasa digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap banyak objek atau melakukan suatu aksi secara berulang-ulang. Construct 2 menyediakan beberapa jenis pengulangan yang bisa kita gunakan, diantaranya:

  1. For each
    Melakukan pengulangan untuk suatu jenis objek tertentu, misalnya melakukan pengecekan apakah karakter bertabrakan dengan musuh. Nantinya yang dibuat adalah event “For each” untuk objek “Musuh”, lalu aksinya adalah pengecekan tabrakan dengan karakter.
    82 - parameter for each
  2. For
    Melakukan pengulangan dengan patokan suatu indeks angka, misalnya melakukan pengulangan dari angka 1 sampai angka 3 untuk mencetak teks “Level 1″, “Level 2″, dan “Level 3″ ke layar. For biasanya digunakan jika kita membutuhkan angka atau indeks pengulangan, seperti pada contoh teks level, karena angka 1 sampai 3 dihasilkan dari indeks pengulangan, kita bisa buat agar teks yang muncul lebih dari 3.
    82 - parameter for
    82 - contoh for
  3. Repeat
    Melakukan pengulangan dengan jumlah tertentu yang sudah ditentukan, misalnya menampilkan sprite ledakan 3 kali, maka kita cukup membuat event ‘Repeat’ dengan jumlah ‘Count’ 3.
    82- parameter repeat
  4. While
    Melakukan pengulangan dengan syarat suatu kondisi yang bernilai benar atau salah (true atau false). Misalnya melakukan penambahan skor selama pemain berada di udara (dalam sebuah game misalnya).
    82 - contoh while

Perulangan bersarang

Untuk beberapa jenis game yang menggunakan grid atau matriks, seperti Catur, Tetris, atau Candy Crush, kita biasanya perlu melakukan pengulangan untuk setiap kolom dan setiap baris. Dua pengulangan seperti itu tidak bisa dilakukan hanya dengan menggunakan satu buah loop, kita perlu menggunakan perulangan bersarang (nested loop).

Perulangan bersarang adalah melakukan suatu pengulangan di dalam sebuah pengulangan lain. Misalnya untuk membuat sebuah grid berisi kotak-kotak menggunakan event kita perlu membuat sebuah for untuk mengolah kolom dan sebuah for lain untuk baris.

82 - pengulangan bersarang

Pada pengulangan pertama, kita menyimpan indeks ke variabel global x. Lalu dilanjutkan dengan sub-event for yang kedua, yang menyimpan indeks ke variabel global y.

Saat kita membuat objek box, kita mengatur posisi objeknya sesuai dengan nilai x dan y (koordinat pada grid kita).

Sebagai informasi, pengulangan akan dijalankan dari loop paling dalam, dengan kata lain, pada event di atas (jika width dan height adalah 3), kotak akan dibuat dari koordinat (1,1), (1,2), (1,3), (2,1), (2,2), (2,3), (3,1), (3,2), dan terakhir (3,3).

82 - grid


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?





About the Author



Back to Top ↑