Construct2 81 - megamanx2

Published on February 1st, 2014 | by Aditia Dwiperdana

0

Layer dalam Construct 2

Jika kamu pernah menggunakan aplikasi pembuatan gambar digital seperti Adobe Photoshop, Illustrator, atau GIMP kamu mungkin familiar dengan istilah layer. Sesuai terjemahannya, layer adalah suatu lapisan gambar yang ditumpuk satu sama lain. Penggunaan layer biasanya untuk memisahkan beberapa komponen gambar agar memudahkan modifikasi gambar tersebut, misalnya gambar utama dipisahkan dengan shading atau pewarnaan bayangan.

81 - Layer bar

Dalam Construct 2 ada juga fitur layer, yang bisa kita gunakan untuk memisahkan berbagai objek agar berada pada ‘lapisan’ yang berbeda. Kegunaan utama dalam game adalah memisahkan objek-objek berdasarkan sifat atau kegunaannya, contohnya kita perlu memisahkan gambar latar belakang dan objek dalam game seperti platform atau musuh pada suatu level. Dengan memisahkan seperti itu, kita bisa ‘mengunci’ suatu layer agar tidak bisa diedit di layar layout. Hal ini bisa menghindarkan kita salah memilih objek saat mengedit level.

81 - layer properties

Fitur-fitur lain yang dimiliki layer:

  1. Index layer: nilai ini menentukan urutan layer. Later dengan nilai indeks yang lebih besar akan ditampilkan lebih atas dibandingkan layer dengan indeks lebih kecil. Nilai indeks layer bisa dilihat di sebelah kanan layar pada bagian ‘layer bar’.
  2. Initial visibility: menentukan apakah layer diatur terlihat atau tidak di awal game.
  3. Background color: warna latar belakang layer, nilai ini akan diabaikan jika layer ini diset transparent.
  4. Transparent: menentukan apakah layer ini memiliki warna latar belakang yang transparan.
  5. Opacity: mengatur nilai transparansi layer. Layer yang memiliki nilai transparansi tertentu akan terliat tembus pandang.
  6. Force own texture:  memaksa layer dirender di suatu txture, bukan langsung ke layar. Fitur ini bisa digunakan misalnya untuk membuat minimap atau semacamnya.
  7. Paralax: mengatur tingkat pergerakan layer secara horizontal dan vertikal. Tingkat paralax normal adalah 100, yang berarti layer akan bergerak sesuai gerakan dalam permainan, sedangkan tingkat paralax 0 berarti layer yang bersangkutan tidak bergerak sama sekali.

Penggunaan layer dalam game

Pada sebuah game disarankan memisahkan objek-objek dalam beberapa layer yang berbeda. Setidaknya kita akan membutuhkan 4 layer dalam game (diurutkan dari layer paling atas ke paling bawah):

  1. User Interface (tampilan angka, bar)
  2. Visual Effect (efek ledakan, nilai damage, dan lain-lain)
  3. Objek Game (mencakup semua objek yang dinamis, dari pemain, item, musuh)
  4. Latar Belakang (gambar-gambar yang terlihat jauh dari pemain dan cenderung tidak bergerak)

Parallax

Paralax adalah suatu efek yang terjadi saat kita bergerak, benda yang jauh dari kita (misalnya awan di langit) bergerak dengan lambat, sedangkan benda yang dekat dengan kita (misalnya trotoar atau tiang listrik) bergerak hampir sama cepatnya dengan kita. Hal ini diterapkan dalam game dengan membuat beberapa layer latar belakang yang memiliki kecepatan yang berbeda. Sebagai contoh, pada game Megaman X2 berikut, kita bisa membedakan kecepatan langit, bangunan (yang menjadi tujuan pada level), bukit-bukit pasir, dan bebatuan di depan pemain. Dengan efek paralax seperti itu, kita bisa memberi kesan 3D terhadap suatu game 2D.

81 - megamanx2


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?





About the Author



Back to Top ↑