Article g64-insert-keyboard-object

Published on September 28th, 2013 | by Aditia Dwiperdana

0

Lanjut bermain setelah Game Over

Di artikel sebelumnya kita sudah pindah layout ke halaman Game Over jika pemain melewatkan sejumlah bintang, namun dari halaman Game Over tersebut permain belum bisa melakukan apa-apa. Untuk membuat pemain bisa bermain kembali, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan:

  • Mendeteksi tombol keyboard ditekan
  • Membuat event di halaman Game Over untuk berpindah ke layout utama permainan
  • Mengembalikan skor dan posisi objek permainan ke awal

Mendeteksi keyboard

Untuk pergerakan karakter kita menggunakan behavior 8 Directions (http://gedebuk.org/60), dan behavior ini secara otomatis akan mendeteksi kalau tombol arah di keyboard ditekan. Untuk memeriksa tombol lain yang bukan bagian dari behavior, kita perlu membuat objek Keyboard baru di Event Sheet yang bersangkutan:

  1. Buka layout GameOverScreen yang sebelumnya kita buat, klik kanan dan pilih “Insert new object “
  2. Pada kategori input, ada objek Keyboard. Double klik untuk menambahkan objek Keyboard.
    g64-insert-keyboard-object
  3. Objek Keyboard akan muncul di Project Tree. Sekarang kita bisa membuat event dengan status tombol keyboard sebagai syaratnya.

Event “Tekan Enter untuk bermain kembali”

  1. Pindah ke Event Sheet 2 yang secara otomatis terhubung dengan layout GameOverScreen. Buat Event baru, pilih objek Keyboard > “On key pressed”
  2. Kita akan diminta memilih tombol untuk dideteksi. Karena tombol enter tidak bisa dideteksi otomatis, saat diminta press a key , kita harus pilih “Return” dari menu di bagian bawah.
    g64-choose-enter-key
  3. Add Action > System > GoToLayout. Pilih layout utama permainan kita, misalnya namanya UnderWaterAdventure.
  4. Dengan kode ini kita bisa menekan tombol enter di halaman Game Over untuk kembali bermain, tapi skor pemain dan jumlah bintang yang terlewat akan sama persis dengan saat kita kalah.

Mengembalikan kondisi permainan ke awal.

  1. Di event keyboard yang kita buat, tambahkan satu aksi untuk mengembalikan nilai skor dan bintang yang terlewat menjadi nol.
  2. Add Action > System > “Reset global variables”. Aksi ini akan otomatis membuat semua variabel global menjadi nilai awalnya, dalam permainan kita menjadi nol.

Jika kamu menambahkan event sesuai langkah-langkah di atas, kamu akan mendapatkan event seperti ini:
g64-final-event

Dengan ini game sederhana kita mulai lengkap, dan dengan ilmu yang didapat dari awal tutorial ini kamu bisa menambahkan berbagai fitur tambahan, contohnya:

  • Membuat objek bergerak selain Bintang. Kalau pemain tidak berhasil menghindari objek ini skor pemain akan dikurangi
  • Membuat objek khusus yang bergerak lebih cepat dari Bintang
  • Menu awal permainan, di sini pemain bisa memilih tingkat kesulitan. Antar tingkat kesulitan kita bisa membedakan kecepatan objek yang bergerak dan jumlah Bintang yang boleh terlewat oleh pemain.

Apakah kamu punya ide lain untuk mengembangkan game ini? Jangan takut untuk bereksperimen dengan fitur-fitur Construct 2 yang sudah ada, dengan banyak berlatih kamu akan bisa membuat game yang bagus dan asyik dimainkan.


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?





About the Author



Back to Top ↑