Construct2 breakout-tutorial-cover

Published on May 10th, 2016 | by Aditia Dwiperdana

0

Kondisi menang dan kalah (Tutorial Breakout bagian 3)

Dalam permainan Breakout, pemain akan menang ketika bisa menghilangkan semua bata dari layar. Skor pemain akan ditentukan berdasarkan berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh pemain untuk menyelesaikan suatu level. Dalam bermain, pemain akan memiliiki ‘nyawa’ dalam bentuk jumlah bola yang bisa digunakan sepanjang permainan. Permainan akan berakhir ketika pemain berhasil menyelesaikan semua level yang ada atau jumlah bola pemain habis. Jumlah bola tersebut akan berkurang jika pemain tidak berhasil memantulkan bola sehingga bola melewati bagian bawah layar.

Fitur sisa bola pemain

  1. Kita perlu membuat variabel untuk menyimpan informasi jumlah bola yang dimiliki pemain. Klik kanan di area kosong event sheet > Add global variabel > beri nama sisaBola, jenisnya number, dan isi nilai awal 2.
  2. Kita perlu mendeteksi kapan bola pemain melewati bagian bawah layar, jadi kita perlu hilangkan objek tembok di bagian bawah layar (yang kita buat di tutorial bagian pertama) lalu menggantinya dengan objek yang berbeda.
  3. Buat objek Sprite baru bernama Goal, bisa kita beri warna apa saja. Atur ukuran dan posisi Goal ini agar menutupi area di bagian bawah layar, di bawah paddle pemain.
  4. Buat event baru untuk mendeteksi saat pemain gagal memantulkan bola. Add event > Bola > On collision with another object > Goal. Tambahkan aksi untuk mengurangi nilai variabel sisaBola, Add action > System > Substract from > pilih sisaBola, isi nilai 1.
  5. Kita perlu membuat bola kembali muncul di tengah layar, Add action > Bola > Set position > isi nilai X dengan 320 dan nilai Y dengan 340. Ubah posisi bola agar bergerak ke arah bata, bukan ke arah terakhir bola bergerak (ke luar layar). Add action > Bola > Set angle of motion > isi nilainya dengan ‘random(140) + 200′ tanpa tanda petik. Nilai tersebut akan menghasilkan arah acak yang mengarah ke bata di bagian atas layar.
  6. Tambahkan sub-event dari event pada langkah 4, klik kanan > Add > Add sub-event > System > Compare variable > pilih variabel sisaBola, less than (<), isi nilai nol. Jika pemain gagal memantulkan bola saat sudah tidak punya sisa bola, permainan akan diulang dari awal.
  7. Add action > System > Reset global variables to default. Tambahkan aksi kedua, Add action > System > Restart layout. Dua aksi ini akan membuat pemain mengulang level dari awal.

Mendeteksi level selesai

  1. Kita perlu mengetahui jumlah bata setiap saat. Buat sebuah variabel baru bernama sisaBata (dengan cara yang sama dengan langkah 1 bagian sebelumnya). Namun kita akan mengisi variabel ini menggunakan event, karena nilainya akan berubah terus menerus sepanjang permainan.
  2. Buat event baru, Add event > System > Every tick. Add action > System > Set value > pilih variabel sisaBata, isi nilai dengan ‘Bata.Count’ tanpa tanda petik.
  3. Tambahkan sebuah sub-event dari event langkah 2 dengan klik kanan event tersebut > Add > Add sub-event > System > Compare variables > pilih sisaBata, pilih less or equal, isi dengan nilai nol.
  4. Tambahkan aksi untuk menghentikan permainan, Add action > System > Set time scale > isi dengan nilai nol. Aksi ini akan menghentikan paddle dan bola.

 154 - event akhir

Membuat level tambahan

Untuk membuat level tambahan kita cukup membuat layout baru dan menggunakan event sheet yang sama dengan yang sudah kita buat. Kita bisa membuat layout baru dari awal atau menyalin Layout 1.

  1. Pada Project tree di kanan layar, klik kanan pada sebuah layout, lalu pilih Duplicate untuk menyalin layout tersebut.
  2. Untuk membuat layout dari awal, klik kanan pada folder Layout lalu pilih Add layout. Jika muncul pertanyaan untuk menambahkan event sheet, pilih “Don’t add event sheet”. Klik layout baru tersebut, lalu ubah nilai Event sheet di tabel properti menjadi ‘Event sheet 1′ yang sudah kita miliki sebelumnya.
  3. Pastikan semua layout memiliki penamaan yang rapi, ‘Layout’ diikuti dengan spasi dan angka level yang bersangkutan.

154 - 2

 

154 - 1

154 - 3

 

Minggu depan kita akan membuat pemain berpindah ke level berikutnya yang sudah kita buat.


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?




Tags: ,


About the Author



Back to Top ↑