Technical g59-gta2pc

Published on July 21st, 2013 | by Aditia Dwiperdana

0

Kecepatan dan pergerakan objek

Setelah kita memahami tentang sistem koordinat yang digunakan dalam game (http://gedebuk.org/58), topik berikutnya yang akan kita bahas adalah bagaimana cara kita menggerakkan gambar-gambar yang ada di layar.
Untuk menggerakkan berbagai objek di layar dengan baik kita harus menguasai topik kecepatan, yang ada dalam pelajaran Matematika atau Fisika di sekolah. Sebelum kita masuk ke penerapan di salam game, kita perlu bahas beberapa konsep dasar kecepatan.

Kecepatan

Kecepatan adalah jarak yang ditempuh per satuan waktu. (V = S / T) V kecepatan, S jarak, dan T waktu. Bentuk lain dari rumus ini adalah S = V x T, yang artinya jarak tempuh adalah kecepatan dikali waktu.

Arah kecepatan

Kecepatan bukan sekedar nilai, tapi juga harus memiliki arah. Karena dalam game kita menggunakan sistem koordinat 2D, maka kecepatan akan direpresentasikan dalam dua nilai, masih-masing untuk sumbu x dan y. Contohnya jika ada objek dengan kecepatan 2 px/s (pixel per detik) ke kiri, maka bisa kita representasikan sebagai (-2,0). Nilai untuk sumbu x negatif karena bergerak ke arah kiri, dan nilai sumbu y 0 karena tidak mengandung gerakan di sumbu y.

Contoh:
Mario bergerak ke kanan dengan kecepatan 20 px/s, lalu jatuh dengan kecepatan 30 px/s ke dari tebing ke platform yang di bawahnya. Misalkan kita tetap menekan tombol kanan untuk membuat Mario tetap bergerak ke kanan saat jatuh, berapa kecepatan Mario saat itu?
Jawaban:
Saat Mario jatuh sambil bergerak ke kanan, dia memiliki dua komponen kecepatan, masing-masing di sumbu x dan sumbu y, jadi kecepatan Mario saat jatuh adalah (20,-30) px/s. Nilai negatif muncul karena arah gerakan jatuh Mario ke arah bawah.

Kecepatan dan gerakan pemain atau objek dalam game

Di dalam game, ada dua jenis pergerakan objek:

  1. Gerakan karakter pemain. Biasanya gerakan ini diatur pemain dengan cara interaksi dengan tombol dalam permainan, misalnya tombol arah pada joystick untuk menggerakkan karakter utama.
  2. Gerakan objek selain pemain. Gerakan semua objek bukan pemain dalam game diatur oleh pembuat game, dan dijalankan secara otomatis. (Secara teknis, kode yang menggerakkan objek-objek tersebut akan dipanggil terus menerus di dalam Game Loop*)

Untuk kedua jenis pergerakan di atas, kita menggunakan kecepatan untuk mengetahui seberapa jauh gambar objek perlu kita geser setiap satuan waktu. Kita perlu lakukan itu agar gerakan gambar terlihat mulus. Contohnya pada game Pac Man, tanpa implementasi pergerakan dengan kecepatan, mungkin Pac Man akan berpindah dari ujung ke ujung dengan sangat cepat, dan hanya muncul sejekap di tiap titik yang dia lewati, begitu juga musuh-musuhnya dalam game. Dengan menerapkan pergerakan dengan kecepatan, kita bisa melihat Pac Man bergerak dengan pelan dengan mulutnya yang terus membuka dan menutup.

g59-pacman

Perlu diketahui juga bahwa ada dua jenis pergerakan pemain dalam game:

  1. Gerakan bebas, seperti pada game Grand Theft Auto 1 dan 2 (Playstation 1). Pemain bisa bergerak ke semua arah yang diinginkan pemain.
  2. Gerakan terbatas, seperti pada game Final Fantasy Tactics A2 (Nintendo DS). Pemain hanya bisa menggerakkan pemain dengan cara memilih titik tujuan yang ingin dicapai, lalu karakter yang bersangkutan akan bergerak secara otomatis ke titik tersebut.

Pada game dengan tipe gerakan terbatas, kita akan menggerakkan karakter pemain seperti objek biasa, tidak dihubungkan langsung dengan input pemain.

g59-ffta2 g59-gta2pc

Penggunaan percepatan/perlambatan dalam game

Beberapa game yang lebih kompleks akan membutuhkan mekanisme pergerakan yang lebih rumit pula, contohnya pada game balapan, kita akan membutuhkan implementasi percepatan untuk menggerakkan mobil pemain. Hal tersebut dibutuhkan agar gerakan mobilnya mirip mobil di dunia nyata, mulai dengan lambat, lama kelamaan semakin cepat. Penggunaan percepatan dalam game akan kita bahas lain waktu.

Pada artikel berikutnya kita akan implementasi pergerakan dengan kecepatan menggunakan Construct 2. Jika ada pertanyaan silahkan tulis komentar.


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?




Tags: , , , ,


About the Author



Back to Top ↑