Article 01

Published on May 19th, 2013 | by gedebuk

Game Designer

Artikel ini akan selalu diperbaharui isinya, kami akan menambahkan info seputar Game Designer di post ini

Game Designer
Sebuah game biasanya diinisiasi oleh seorang Game Designer. Karena ide game, konsep, desain level, gameplay, sampai fitur – fitur yang dimiliki oleh game, biasanya dibuat oleh Game Designer. Sebenarnya, jika tim development masih kecil, pekerjaan Game Designer dapat dirangkap ke role yang lain, semisal programmer atau artist. Akan tetapi, jika sudah mulai membuat game berskala medium atau besar, lebih baik ada seorang game designer yang memang khusus mengurusi desain game tersebut. Di Agate Studio, Game Designer mempunyai sebutannya sendiri, yaitu Alchemist.
01

APA ITU GAME DESIGNER?
Game Designer, bertanggungjawab untuk menghasilkan ide game, mulai dari konsep, gameplay, cerita, sampai konten dalam game. Karena cakupannya cukup luas, biasanya role ini dibagi lagi menjadi level designer, scriptwriter, dan lain-lain. Contoh tokoh game designer diantaranya Shigeru Miyamoto (Mario Bros series, Zelda series) dan Will Wright (The Sims series, Spore). Biasanya Game Designer memiliki spesialisasi lagi, seperti Level Design, World Design, Game Writing, User Interface Design, Content Design, System Design, dan sebagainya tergantung seberapa besar kebutuhan timnya.
02

APA YANG HARUS DIPELAJARI?
Game Designer merupakan role yang membutuhkan daya imajinasi dan kreatifitas yang tinggi. Tidak sembarang orang dapat mendesain game yang bagus dan menarik. Untuk menjadi seorang designer, dibutuhkan pengalaman bermain game yang banyak. Sering – seringlah bermain game, mainkan semua genre, gameplay, dan platform. Setiap kamu memainkan sebuah game, coba buat catatan apa yang membuat game tersebut menarik dan/atau membosankan. Dengan bermain game dan mampu membedakan mana game yang baik dan buruk, setidaknya kamu punya gambaran game seperti apa yang akan dibuat. Jangan lupa, perhatikan juga gameplay yang popular di setiap platform. Karena terkadang beda platform, beda pula gameplay yang populernya.
03

Seorang game designer juga harus menguasai penggunaan aplikasi pengolah kata, angka, presentasi seperti MS Office atau OpenOffice. Karena game designer harus mampu menuangkan ide game yang ada didalam kepalanya ke dalam tulisan, dan tulisan tersebut harus sedetil mungkin karena tulisan tersebut akan dibaca oleh rekan programmer, artist, dan composer.

Selanjutnya, pelajari berbagai buku yang membahas Game Design. Pelajariteori – teori yang ada, sambil coba menerapkannya pada game yang ingin kita buat. Coba juga mulai mendesain sebuah game utuh. Jika tidak memiliki teman programmer, kamu dapat menggunakan game engine yang mudah seperti Construct 2, Game Maker, atau Unity. Jika kamu tidak punya teman artist, kamu dapat menggunakan asset game yang banyak tersedia di website (selama gamenya tidak untuk dikomersilkan). Proses untuk menjadi seorang game designer tidaklah mudah. Kamu harus terus mencoba dan berusaha untuk mendalami bidang game designer.
04


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?





About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑