Article image001

Published on May 12th, 2013 | by gedebuk

Game Artist

Artikel ini akan selalu diperbaharui isinya, kami akan menambahkan info seputar Game Artist di post ini

Setelah sebelumnya kita membahas tentang Game Programmer, sekarang saatnya kita membahas tentang Game Artist, role yang tidak kalah pentingnya dengan role lain. Art yang bagus merupakan salah satu syarat agar sebuah game polish. Di Agate Studio, game artist memiliki sebutan tersendiri, yaitu Wizard.
image001

APA ITU GAME ARTIST?
Game Artist, bertanggung jawab untuk memvisualisasikan desain game yang sudah dibuat. Mulai dari karakter, lingkungan di dunia game, sampai tampilan antarmuka game tersebut. Game Artist biasanya dibagi menjadi 2D artist, mencakup diantaranya charater design, 2D animation, texture artist, dan 3D artist yang mencakup modeller, 3D animation, dan lain-lain.
01

APA YANG PERLU DIPELAJARI?
Jika kamu masih duduk dibangku sekolah, biasakan diri dengan tradisional art, seperti menggunakan pensil atau pena untuk menggambar. Setelah itu baru belajar digital art, yaitu seni menggambar menggunakan media digital seperti GIMP (FREE), Inkscape (FREE), Photoshop, Illustrator, dan sebagainya. Disarankan untuk menggunakan tools yang free untuk belajar. Persiapkan diri untuk kuliah di jurusan yang sesuai, misalnya Desain Komunikasi Visual (dengan fokus di Multimedia atau Digital Art), atau jurusan game visual design di luar negeri. Rajin – rajin latihan belajar membuat berbagai art, atau mencoba – coba berbagai tutorial juga.
02
Setelah itu, pelajari juga topik – topik dasar seperti seni rupa, animasi, teori warna, dan lain – lain. Pastikan kamu menguasai skill dasar tersebut. Selanjutnya, kamu dapat mulai mempelajari berbagai style visual, misalnya pixel art, vector art, raster art, 3D, dan sebagainya. Pelajari juga penggunaan tools agar dapat memaksimalkan kemampuan kamu. Dan pahami juga spesialisasi game artist, agar kamu dapat mulai focus pada keahlianmu.
04
Dan kamu juga setidaknya pernah membuat suatu game yang utuh. Mulai dari main menu, sampai ke gameplay dan ending scene. Tujuannya agar kamu mulai terbiasa dengan mengerjakan game. Setidaknya kamu mengerti apa saja yang perlu dilakukan, apa saja yang sekiranya akan memakan waktu dalam pengerjaannya. Jika kamu tidak memiliki teman programmer yang mau diajak membuat game, kamu dapat membuat game menggunakan game engine yang memang simple dan mudah. Seperti Construct 2, Stencyl, Unity 3D, dan sebagainya. Game engine tersebut memudahkan para artist, karena relatif mudah untuk mempelajari game engine tersebut. Dan jika memiliki tim development, disarankan untuk mengikuti kompetisi game, karena selain kamu belajar terbiasa dengan deadline, game kamu juga akan direview oleh juri. Sehingga akan menjadi masukan yang sangat bagus untuk pengembangan game selanjutnya.
03


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?





About the Author



One Response to Game Artist

  1. tria says:

    tanks info dan tutornya gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑