Construct2 g60-header-construct

Published on April 5th, 2014 | by Aditia Dwiperdana

0

Fitur event lanjutan

Dalam game kita akan ada beberapa bagian yang membutuhkan event yang cukup kompleks, yang mungkin tidak bisa dipenuhi dengan event biasa. Construct 2 menyediakan beberapa fitur lanjutan yang dapat kita gunakan untuk logika permainan yang lebih rumit dari logika pada umumnya. Sebagai contoh, kita akan membahas beberapa logika yang biasa digunakan terkait efek suara atau musik.

Contoh: Menjalankan efek suara saat kondisi tertentu terpenuhi

Misalkan kita ingin menjalankan efek suara saat pemain bertabrakan dengan objek penghalang. Dalam contoh ini kita memiliki objek Pemain, Penghalang, dan Audio (dari artikel minggu lalu). Jadi kita buat event sederhana sebagai berikut:

New event > System > Pemain > Overlapping another object > pilih objek Penghalang. Add action > Audio > Play > pilih efek suara yang dimasukkan sebelumnya, misalnya “Efek kalah”.

89 - event trigger yang berulang

Secara logika, event seperti tidak salah, karena jika pemain bertabrakan dengan penghalang kita menjalankan efek suara yang sesuai. Tapi jika permainan tidak langsung berhenti ketika pemain menabrak penghalang, misalnya karena pemain memiliki ‘nyawa’ atau kesempatan untuk menabrak penghalang tersebut sampai tiga kali baru dianggap Game Over, kondisi overlap dengan penghalang yang kita gunakan akan terpenuhi beberapa kali dalam satu detik, yang akan membuat efek suara kita terus menerus dijalankan ulang. Hal ini tidak akan sesuai dengan yang kita inginkan, di mana efek suara hanya dijalankan satu kali saja untuk setiap tabrakan.

Khusus untuk kasus ini kita bisa menggunakan event bawaan Construct 2 “On collision with another object”, yang akan terjadi sekali saja, yaitu saat Pemain dan Penghalang bertabrakan. Tapi masih banyak kondisi event lain yang akan menghadapi masalah yang sama, sehingga kita akan pecahkan masalah ini dengan cara lain.

Trigger once

Trigger once adalah fitur event yang akan membuat aksi hanya dijalankan satu kali saja selama nilai yang dijadikan patokan tidak mengalami perubahan. Jika ada perubahan dan kembali ke nilai yang akan menjalankan event, baru aksi akan dijalankan satu kali lagi. Hal ini bisa digunakan untuk pengecekan nilai dalam bentuk angka (tidak harus fungsi bawaan seperti collision di contoh sebelumnya), misalnya event untuk menjalankan audio tertentu saat nyawa pemain menjadi 10 sebagai petunjuk bahwa nyawa pemain sudah kritis.

89 - event trigger once

Jika dalam game pemain nyawanya berkurang dari 30 ke 10, efek suara yang kita maksud akan dijalankan. Jika di tengah permainan pemain mendapat kenaikan nyawa karena item atau semacamnya, lalu nantinya efek suaranya akan kembali dijalankan saat nyawa pemainber kurang lagi sampai angka 10.

Untuk menambahkan Trigger Once, kita perlu tambahakan sebuah kondisi baru pada event kita. Bisa kita lakukan dengan memilikih event yang bersangkutan,  menekan tombol C di keyboard, lalu langsung isi kondisi berikutnya apa. System > Trigger once while true.

Hal ini akan membuat walaupun pemain menyelesaikan level tanpa mendapat tambahan nyawa, event efek suaranya hanya akan dijalankan sekali saja saat pertama kali nyawa pemain menjadi 10.

Else

Else sudah pernah kita bahas sebelumnya, event Else akan dijalankan jika event sebelumnya tidak dijalankan (karena kondisinya tidak terpenuhi). Untuk membuat Else, kita perlu klik kanan pada event yang diinginkan > Add > lalu pilih Add else. Bisa juga dengan menekan tombol X di event yang dinginkan.

89 - event else

Or block

Pada dasarnya, setiap kondisi dalam event di Construct 2 adalah bersifat ‘dan’, yaitu semua kondisi harus dipenuhi secara bersamaan. Jika kita ingin membuat suatu kondisi yang menggunakan logika ‘atau’, Contohnya kita ingin efek suara dijalankan jika pemain melewati batas kiri atau batas kanan layar. Daripada membuat dua event terpisah, kita bisa menggunakan OR block. Event akan dijalankan ketika salah satu kondisi terpenuhi (walaupun ada kondisi yang tidak terpenuhi).

Untuk membuat Or block, kita cukup klik kanan pada event yang diinginkan > Make ‘or’ block.

89 - event or


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?





About the Author



Back to Top ↑