Construct2 68 - behavior dalam construct

Published on October 20th, 2013 | by Aditia Dwiperdana

1

Construct 2: Movement Behavior

Dalam beberapa artikel terakhir kita sudah mencoba membuat dua jenis game menggunakan Construct 2, dan kita menggunakan beberapa fitur bawaan Construct seperti berbagai Behavior objek yang sudah disediakan sebelumnya. Contoh behavior yang kita gunakan adalah behavior 8-direction pada game mengumpulkan bintang, dan behavior Platform, Solid, dan Jump-thru pada game platformer. Satu pertanyaan yang sering muncul terkait fitur bawaan suatu teknologi adalah: “Apakah sebaiknya kita menggunakan fitur bawaan atau membuat event versi kita sendiri?”

Pertanyaan seperti itu sering kali muncul, bukan hanya pada teknologi seperti Construct 2, tapi pada teknologi programming pada umumnya, seperti game engine atau library. Masing-masing pilihan memiliki kelebihan dan kekurangan, dan tergantung pada kompleksitas game yang ingin dibuat.

Kelebihan behavior bawaan dari Construct

Untuk beberapa fungsi standar seperti pergerakan pemain di dua game yang sudah kita buat sebelumnya, behavior bawaan Construct sudah cukup lengkap.

68 - behavior dalam construct

  • 8 Direction: bisa digunakan untuk gerakan karakter top down game seperti GTA klasik (PS1), Final Fantasy 1-6, atau Pokemon
    68 - pokemon
  • Bullet: bukan digunakan untuk karakter tapi digunakan untuk objek proyektil seperti peluru untuk game seperti Contra, Metal Slug, atau Raiden
    68 - contra 68 - raiden
  • Car: digunakan untuk membuat gerakan mobil (gerakan yang ditentukan oleh kombinasi tombol untuk setir dan untuk gas/rem) seperti pada game balapan top down, misalnya Micro Machines

 68 - micro machines

  • Platform: digunakan untuk game platformer seperti Mario Bros atau Megaman
  • Pathfinding: digunakan untuk menggerakkan objek dari satu titik ke titik tujuan
  • Rotate dan Sine: menggerakkan objek secara otomatis
  • Turret: digunakan untuk objek yang diam di tempat tapi bisa menembak secara otomatis
  • Physics: digunakan untuk memberi efek simulasi fisika pada objek, contohnya seperti pada game Angry Birds

Kekurangan behavior bawaan

Jika kita ingin membuat gerakan karakter yang unik, akan sulit mengakali behavior bawaan dengan tambahan event, jauh lebih mudah jika kita membuat event langsung dari awal. Contoh beberapa gerakan unik yang biasa ditemui dalam game:

  • Double jump, wall slide, dan wall jump pada Megaman. Untuk membuat gerakan seperti ini, kita harus membuat event khusus untuk membuat karakter lompat dan pengecekan karakter mendarat atau menempel pada tembok. Aksi lompatan tambahan seperti double jump akan dilakukan dengan syarat event pemain sudah melompat, belum mendarat, dan belum melakukan double jump.
    68 - megaman
  • Melayang sementara di udara seperti pada Jetpack Joyride. Mirip dengan event lompatan tambahan, tapi pada gerakan ini tombol berfungsi untuk menaikkan posisi pemain sedikit demi sedikit.
    68 - jetpack

Game seperti apa yang kalian ingin buat? Jika kalian memiliki request jenis game yang ingin dibuat tutorialnya di artikel ini, tuliskan komentar di bawah!


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?





About the Author



Back to Top ↑