Construct2 g60-header-construct

Published on August 7th, 2013 | by Aditia Dwiperdana

0

Construct 2: Menggerakkan objek menggunakan event

Pada artikel sebelumnya kita sudah bisa mengimplementasi gerakan karakter menggunakan keyboard. Kali ini kita akan membuat jenis gerakan yang berbeda, yaitu gerakan yang tidak dikontrol oleh pemain, tapi oleh logika game.

Gerakan seperti ini biasanya diimplementasi untuk objek-objek pendukung dalam game, misalnya musuh yang bergerak sendiri atau mengejar pemain, atau batu yang bergerak setelah kita menekan tombol rahasia di tembok. Kunci dari pergerakan objek seperti itu adalah setiap objek akan memiliki aturan gerakan masing-masing, kondisi apa yang membuat objek itu bergerak, dan bagaimana gerakan objek tersebut.

Dalam pemrograman, aturan tersebut biasa diimplementasi dengan bentuk if-then, atau jika-maka. Pada Construct 2, aturan itu diimplementasi dalam bentuk Event. Berikut adalah contoh sebuah event dalam Construct 2:

g61 - event-final

Event dalam Construct 2

Setiap event terdiri dari dua bagian:

  1. Condition: syarat terjadinya suatu event, biasanya berupa persamaan atau pertidaksamaan matematika. Misalnya kondisi “nyawaPemain = 0″ menunjukkan nilai nyawa pemain sudah habis, dan bisa digunakan untuk memeriksa kondisi game over. Jika kondisi terpenuhi maka aksi akan dilakukan, tapi jika tidak terpenuhi, aksi tersebut tidak akan dilakukan.
  2. Action: aksi yang dilakukan jika kondisi yang bersangkutan terpenuhi. Aksi ini bisa bermacam-macam jenisnya, misalnya mengubah suatu nilai atau menjalankan suatu fungsi tertentu. Contohnya pada kondisi game over tadi, aksi kita adalah menjalankan animasi pingsan karakter kita.

Membuat objek bergerak otomatis

  1. Pertama kita perlu menambahkan sebuah sprite baru, dalam contoh ini kita gunakan sebuah gambar bintang. Untuk langkah menambahkan sprite kamu bisa baca di artikel sebelumnya (http://gedebuk.org/60).
    g61 - sprite-bintang
  2. Kita ingin agar objek bintang tersebut bergerak dari kanan layar ke sisi kiri, caranya adalah dengan mengubah posisi objek di setiap frame. Kita bisa lakukan itu dengan membuat event baru.
  3. Pindah ke tab Event lalu tekan New Event.
  4. Akan muncul pop-up untuk membuat kondisi. Karena kita ingin membuat suatu event yang terjadi setiap frame, kita pilih “System > Every Tick”.
  5. Setelah muncul event baru dengan kondisi Every Tick, kita buat action baru dengan menekan New Action.
  6. Karena objek yang ingin kita gerakkan adalah Bintang, maka pilih “Bintang > Move at angle”. Kamu akan diminta mengisi dua nilai, angle atau sudut arah gerakan objek, dan nilai pergerakan objek tersebut. Untuk Angle kita isi 180 untuk arah gerak ke kiri layar (Sudut 0 adalah arah kanan, dan nilainya meningkat berlawanan arah jarum jam). Untuk Distance kita bisa isi 5.

Berikutnya kita perlu membuat event agar objek Bintang kita muncul lagi dari kanan setelah keluar layar di sebelah kiri.

  1. Untuk mengetahui kapan objek Bintang kita keluar layar, kita perlu membandingkan posisi Bintang dan sisi kiri layar. Buat event baru, pilih “System > Compare two values”.
  2. Value pertama kita isi dengan nilai batas sisi kanan objek Bintang, pilih “Bintang > lalu BBoxRight”, atau kamu bisa mengetik langsung “Bintang.BBoxRight” di kotak yang disediakan.
  3. Value kedua kita isi dengan angka 0, yaitu batas kiri layar.
  4. Jenis perbandingan kita pilih “Less than” atau lebih kecil.
  5. Untuk aksinya, kita perlu mengubah posisi bintang ke sebelah kanan layar. Agar lebih menarik kita bisa atur agar ketinggian Bintang di layar berubah-ubah dengan menggunakan fungsi Random. Pilih “Bintang > Set Posisition”.
  6. Posisi X kita isi dengan WindowWidth + 10 agar bintang berada kanan layar, nilai Y kita acak antara 0 sampai WindowHeight dengan menggunakan fungsi Random. (Kamu perlu mengetik sendiri nilai di dalam fungsi Random).

Jika kamu melakukan langkah-langkah tadi dengan benar kamu akan memiliki event seperti pada sceenshot event di gambar pertama.

Jika kamu coba jalankan gamenya, kamu bisa melihat objek bintang bergerak ke arah kiri sampai hilang ke sisi kiri layar, lalu muncul lagi dari sisi kanan dengan ketinggian yang berubah-ubah.

 


Ikuti channel Gedebuk di Youtube untuk mendapatkan berbagai video tutorial pembuatan game! Klik saja tombol Subsribe di bawah ini.


Lebih suka tutorial tertulis seperti artikel ini?





About the Author



Back to Top ↑